Arus Investasi Meningkat Dari Tiongkok Ke Hongkong

641

Investor Tiongkok yang menumpuk investasinya ke bursa saham Hong Kong mencapai tingkat tercepat dalam lebih dari satu tahun karena mereka mencari perlindungan terhadap melemahnya mata uang dan prospek ekonomi yang memburuk.

Para pedagang dari daratan Tiongkok telah membeli saham dengan nilai net 21.900.000.000 yuan ($ 3.300.000.000) selama bulan Mei, terbesar sejak April 2015, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg yang melacak nilai investasi tersebut melalui link pertukaran dengan Shanghai. Untuk nilai arus masuk bersih selama tahun 2016 ini naik menjadi 46,7 miliar yuan.

Nilai mata uang yuan merosot terhadap dolar bulan lalu, terbesar sejak devaluasi bulan Agustus tahun 2015. Investor institusi dari Tiongkok yang saat ini memegang kurang dari 1 persen dari nilai investasi di luar negeri, sedang mencari peluang yang lebih besar lagi di tengah taruhan yuan yang terus turun, demikian analisa dari UBS Group AG.

Yuan diperdagangkan pada 6,58 per dolar AS pada 4:20 di Shanghai, turun 0,3 persen dari nilai tukar terendah lima tahun pada bulan Januari, dan telah turun sebesar 1,5 persen di sepanjang bulan Mei lalu. Nilai mata uang ini akan melemah 1,8 persen lebih lanjut dan akan mencapai 6,7 sampai akhir 2016 dan jatuh ke 6,95 pada 2018, demikian menurut perkiraan dari Bloomberg. Sementara nilai tukar dolar Hong Kong dipatok terhadap dolar AS.

Hang Seng Index naik 0,5 persen ke level tertinggi dalam satu bulan pada penutupan sore hari kemarin.
Hang Seng China Enterprises Indeks diperdagangkan di 7 kali pendapatan yang diproyeksikan untuk 12 bulan ke depan, dibandingkan dengan 12,6 untuk Shanghai Composite Index.

Bursa saham Hong Kong tidak kebal terhadap anjloknya mata uang Tiongkok. Karena banyak perusahaan yang terdaftar di dalam indeks ini mendapatkan penjualan mereka dari daratan, sebuah depresiasi yuan mengurangi nilai keuntungan mereka ketika diterjemahkan kembali ke dalam dolar Hong Kong.

Indeks Hang Seng masih akan turun sampai 4,8 persen tahun ini. Berapa banyak uang yang mengalir dari daratan akan mendorong kinerja pasar Hong Kong.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here