Batal Kuasai Perusahaan AS, Saham Telkom Paling Banyak Diburu Asing

652

Mengakhiri perdagangan akhir pekan  (3/06) saham PT Telekomunikasi Indonesia (TLKM) yang  bergerak positif sepanjang minggu ini berakhir di zona hijau dengan penguatan yang cukup signifikan. Kekuatan saham hari ini paling banyak disupport oleh investor asing dan aksi asing di TLKM merupakan yang paling besar diantara pemburuan asing terhadap saham-saham unggulan.

Pekan ini diberitakan TLKM batal akuisisi operator telekomunikasi dan televisi berbayar pulau Guam-Amerika Serikat. Sebelumnya TLKM telah sepakat dengan Advantage Partners yang merupakan perusahaan equity Jepang untuk akuisisi AP Telguam Holdings Inc, namun pihak regulator telekomunikasi AS belum memberikan persetujuan.

Meskipun tidak jadi lakukan ekspansinya, namun saham emiten pelat merah yang memiliki kinerja keuangan  mantap ini diburu oleh investor asing hingga membuat nilai saham naik ke posisi tertinggi dalam sebulan terakhir. Pemburuan asing tersebut terus berlanjut hingga mencetak net buy sebesar Rp55,5 miliar.

Untuk pergerakan sahamnya di lantai perdagangan bursa saham hari Jumat (03/06), saham TLKM dibuka kuat pada posisi 3820 dan penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 3770. Terpantau saham bergerak kuat dengan volume perdagangan saham  mencapai  621 ribu  lot  saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham TLKM perdagangan sebelumnya bullish   dengan indikator MA  bergerak naik  dan  indikator Stochastic naik ke area jenuh beli.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak naik  dengan  +DI yang  bergerak naik  juga menunjukan pergerakan TLKM menguat.  Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi saham berikutnya pada target level support di level 3750  hingga target resistance di level 3850.

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here