Bursa Eropa 3 Juni Bergerak Naik Menantikan Data Pekerjaan AS

784

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada hari Jumat (03/06) dengan investor mencermati laporan pekerjaan AS yang menjadi kunci untuk kenaikan suku bunga Federal Reserve bulan ini.

Indeks FTSE adalah 0,8 persen lebih tinggi di awal perdagangan, indeks DAX Jerman naik 0,3 persen dan indeks CAC 40 Perancis naik 0,3 persen.

Lihat : Bursa Eropa 2 Juni Bergerak Positif Mencermati Pertemuan ECB Dan OPEC

Saham minyak dan gas di antara para pemain terbaik, sementara saham sumber daya dasar juga melihat keuntungan yang kuat.

RWE Jerman mengangkat sektor utilitas, naik 5,1 persen, sementara di Perancis Accor naik 3,6 persen. Kelompok hotel Perancis dalam fokus setelah sebuah laporan media Prancis mengatakan bahwa China Jin Jiang berencana untuk meningkatkan sahamnya di perusahaan. Accor menolak untuk mengomentari rumor tersebut.

Pengecer Marks & Spencer adalah salah satu penekan terbesar, turun 1,5 persen.

Bursa Saham AS ditutup naik di sesi tertinggi pada akhir perdagangan hari Kamis, terbantu kenaikan harga minyak mentah dan kinerja positif sektor perawatan kesehatan, menjelang laporan pekerjaan yang sangat dinantikan pada hari Jumat ini. Indeks Dow Jones ditutup naik 0,27 persen, di 17,838.56, dengan kenaikan tertinggi saham DuPont. Indeks S & P 500 ditutup naik 0,28 persen, pada 2,105.26, dengan sektor perawatan kesehatan memimpin tujuh sektor yang lebih tinggi. Indeks Nasdaq ditutup naik 0,39 persen, pada 4,971.36.

Lihat : Bursa Wall Street Naik Terdukung Kenaikan Minyak Mentah Dan Sektor Perawatan Kesehatan

Bank Sentral Eropa menaikkan proyeksi pertumbuhan dan inflasi 2016 pada hari Kamis, dengan alasan bahwa risiko yang dihadapi ekonomi telah menurun dan untuk mendukung harapan itu akan tetap melanjutkan stimulus setidaknya sampai musim gugur.

ECB menetapkan suku bunga tidak berubah jauh di dalam wilayah negatif, Presiden ECB Mario Draghi mengatakan bahwa stimulus sudah disetujui tetapi belum dilaksanakan, dan menolak tindakan lebih ECB dan mempertahankan argumennya untuk bersabar.

ECB sudah berencana untuk membeli aset senilai 1.74 miliar euro ($ 1.94 miliar) dalam upaya untuk menghidupkan kembali inflasi dan memulai pertumbuhan. Dikhawatirkan bahwa zona euro dengan 19-anggota negara beresiko jatuh ke dalam putaran deflasi yang sulit berhenti.

Lihat : ECB Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Dan Inflasi 2016

Harga minyak Brent diadakan sekitar $ 50 per barel pada hari Jumat menyusul pertemuan OPEC yang gagal menyepakati target produksi, tetapi yang dilihat sebagai mendukung harga adalah Arab Saudi yang berjanji untuk tidak membanjiri pasar dengan lebih banyak bahan bakar.

Lihat : OPEC Kembali Gagal Sepakati Pembatasan Produksi

Malam nanti akan dirilis data Non Fam Payroll Mei yang diindikasikan naik dan Unemployment Rate Mei yang diindikasikan turun. Jika terealisir akan menguatkan kenaikan suku bunga AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa saham Eropa akan mencermati data pekerjaan AS malam nanti, yang jika semakin menguatkan keyakinan kenaikan suku bunga AS akan dapat menekan bursa Eropa.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here