Bursa Hong Kong 3 Juni Ditutup Naik; Mingguan Juga Naik Hampir 2 Persen

946
indeks hang seng

Pada penutupan perdagangan Jumat (03/06), indeks Hang Seng di Bursa Hongkong ditutup naik 88,02 poin, atau 0,42 persen, ke 20947.24. Penguatan indeks Hang Seng mengikuti kenaikan bursa Wall Street dan bursa Tiongkok. Kenaikan ini merupakan tertinggi dalam satu bulan, dan mengakumulasikan kenaikan mingguan 1,8 persen.

Lihat : Indeks Hang Seng 3 Juni Dibuka Naik Terdorong Penguatan Wall Street

Bursa Saham AS ditutup naik di sesi tertinggi pada akhir perdagangan hari Kamis, terbantu kenaikan harga minyak mentah dan kinerja positif sektor perawatan kesehatan, menjelang laporan pekerjaan yang sangat dinantikan pada hari Jumat ini. Indeks Dow Jones ditutup naik 0,27 persen, di 17,838.56, dengan kenaikan tertinggi saham DuPont. Indeks S & P 500 ditutup naik 0,28 persen, pada 2,105.26, dengan sektor perawatan kesehatan memimpin tujuh sektor yang lebih tinggi. Indeks Nasdaq ditutup naik 0,39 persen, pada 4,971.36.

Lihat : Bursa Wall Street Naik Terdukung Kenaikan Minyak Mentah Dan Sektor Perawatan Kesehatan

Bursa Asia juga menguat pada akhir perdagangan sore ini. Bursa Shanghai naik dengan harapan positif dimasukkannya indeks saham Tiongkok ke dalam indeks MSCI sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat asing melakukan perdagangan saham di Bursa Tiongkok.

Investor bursa Hong Kong terlihat berhati-hati, mencermati kemungkinan kenaikan suku bunga AS akhir bulan ini, kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi Tiongkok dan referendum 23 Juni apakah Inggris tetap atau keluar dari Uni Eropa.

Sebagian besar saham naik pada hari Jumat, dengan sektor utilitas memimpin keuntungan.

Dalam berita saham, Saham Dah Sing Financial Holdings Ltd naik 3 persen, di tengah berita bahwa bank telah setuju untuk menjual bisnis asuransi kepada China Thaihot Group Co Ltd sebesar $ 1,4 miliar pada kesepakatan asuransi yang paling mahal di Hong Kong.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng naik 87 poin atau 0,42% pada  20,698.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 20,611.00.

Malam nanti akan dirilis data Non Fam Payroll Mei yang diindikasikan naik dan Unemployment Rate Mei yang diindikasikan turun. Jika terealisir akan berpotensi menguatkan keputusan kenaikan suku bunga AS bulan Juni atau Juli ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng berpotensi melemah terbatas tertekan kekuatiran kenaikan suku bunga AS. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 20.146-19.613 dan kisaran Resistance 21.051-21.637.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here