Harga Batubara Rotterdam Naik Mengikuti Penguatan Minyak Mentah

717

Pada akhir perdagangan Jumat dini hari (03/06), harga batubara Rotterdam rebound, terdukung kenaikan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah naik pada akhir perdagangan hari Kamis setelah data menunjukkan penarikan mingguan persediaan minyak mentah AS membantu pasar minyak mentah pulih setelah keputusan OPEC untuk tidak menetapkan batas untuk produksinya.

Persediaan minyak mentah AS turun 1,4 juta barel pada pekan lalu, demikian pernyataan Administrasi Informasi Energi (EIA). Meskipun lebih rendah dari 2,5 juta barel diperkirakan oleh analis, hasil penarikan ini masih membantu minyak mentah berjangka menghapus kerugian awal.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berakhir naik 16 sen lebih tinggi, atau 0,3 persen, pada $ 49,17 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan Internasional Brent naik 22 sen pada $ 49,94 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Naik Dengan Penurunan Persediaan Mingguan AS

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak Juli 2016 berada di posisi 51,50 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,80 dollar atau setara dengan 1,58 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Lihat : Harga Batubara Rotterdam Turun Tergerus Pelemahan Minyak Mentah

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat mengikuti potensi kenaikan harga minyak mentah yang diperkirakan meningkat.

Harga batubara berjangka berpotensi mengetes level Resistance pada posisi 52,00 dollar dan Resistance kedua di level 52,50 dollar. Sedangkan level Support yang akan diuji jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 51,00 dollar dan 50,50 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here