Preview: Non-Farm Payroll ADP AS

586

Ekonomi AS diperkirakan telah menciptakan 158.000 pekerjaan Non-Farm yang baru di bulan Mei – kurang lebih sama dengan pertambahan pekerjaan sebesar 160.000 di bulan April, terlemah di dalam tiga tahun. Pertambahan pekerjaan bulanan sangat kecil di awal tahun 2016 bila dibandingkan dengan rata-rata pertambahan bulanan selama beberapa tahun sebelumnya.

Pertumbuhan upah kelihatannya sudah penuh, memberikan petunjuk bahwa Federal Reserve tidak harus menaikkan tingkat bunga.

Hal ini menimbulkan pertanyaan: apakah pasar tenaga kerja AS sedang mengalami perlambatan, ataukah tanda dari perekrutan yang melambat kemungkinan merupakan problem dari sisi supply tenaga kerjanya, menunjukkan bahwa para majikan sedang akan mulai menawarkan upah yang lebih tinggi. Angka Payroll sektor swasta yang dirilis ADP pada awal minggu menunjukkan pertambahan bulanan sebanyak hanya 156.000, tetapi variasi bulan ke bulan antara ADP dan laporan establishment pada hari ini adalah terlalu besar untuk dibuat konklusi mengenai rilis data pada malam hari ini.
Sayangnya , the Fed sekarang terperangkap kepada petunjuk kedepan yang disampaikan sendiri. Risalah Federal Open Market Committee, beberapa pembicara dari the Fed dan kebanyakan, gubernur Janet Yellen berkata di dalam pidatonya baru-baru ini bahwa the Fed harus menaikkan tingkat bunganya pada bulan – bulan yang akan datang – dengan asumsi ekonomi terus membaik dan lapangan pekerjaan terus bertambah.

Kondisi ini kelihatannya telah terpenuhi dan the Fed funds futures memberikan kemungkinan kenaikan tingkat bunga di bulan Juni sebesar 20% dan di bulan Juli 58%. Ini menunjukkan bahwa kecuali ada kejutan yang negatif, tingkat bunga akan naik di bulan Juli.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here