Rupiah Berhasil Kuat Lawan Dollar Untuk 2 Pekan Berturut

353

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Jumat (3/06), kurs rupiah yang dibuka lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya berhasil menguat diakhir perdagangan pekan ini. Dan secara mingguan rupiah berhasil menguat pekan ini untuk 2 pekan berturut. Meskipun dollar bangkit kembali namun optimisme investor asing masih kuat terhadap rupiah.

Kondisi rupiah yang bergerak kuat sepanjang hari berhasil mengalirkan dana asing cukup besar pada bursa saham, dimana net buy investor asing mencapai Rp170 milisr lebih.   Jumlah net buy sore ini jauh diatas net buy yang terbentuk disiang hari, dan IHSG berhasil rebound  ditutup kuat 0,4% pada posisi 4853, 92.

Lihat: IHSG 3 Juni Ditutup Naik Terbantu Penguatan Rupiah

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot sore ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,35% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13595/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13631/US$. Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Jumat diperkuat dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  menguat ke  13612 dari  posisi 13695 perdagangan hari Kamis (2/06), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13680 setelah perdagangan sebelumnya 13763.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan pekan depan  diperkirakan  dibuka positif meskipun  dollar AS sedang bergerak positif dan rally diakhir perdagangan malam nanti.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here