Aktifitas Sektor Jasa AS Mei Terendah 2 Tahun

322

Aktifitas sektor industri jasa Amerika Serikat bulan Mei berada di laju paling lambat dalam lebih dari dua tahun setelah perusahaan mengurangi pesanan.

Indeks Institute Supply Management non manufaktur turun menjadi 52,9, terlemah sejak Februari 2014, dari 55,7 pada April, demikian rilis data kelompok yang berbasis Arizona Tempe, pada Jumat. Angka diatas 50 dalam ukuran yang mencakup hampir 90 persen dari pertumbuhan sinyal ekonomi. Perkiraan median dalam survei Bloomberg menyatakan 55,3.

united-states-non-manufacturing-pmi

Kemerosotan dalam pemesanan untuk industri non-manufaktur yang mencakup konstruksi, ritel dan real estate mencapai penurunan bulan ke bulan terbesar sejak November 2008. Angka-angka, bersama dengan laporan pekerjaan Mei yang lemah, menunjukkan perusahaan yang membentuk sebagian besar ekonomi memotong kembali pada investasi modal dan pekerjaan setelah pertumbuhan perlambatan kuartal pertama yang dapat mendorong Federal Reserve untuk menunda kenaikan suku bunga.

Estimasi dalam survei Bloomberg dari 74 ekonom berkisar 52,4-57,3. Indeks telah rata-rata 54 tahun ini, dibandingkan dengan 57,2 pada tahun 2015.

Anthony Nieves, ketua survei non-manufaktur ISM, mengatakan angka-angka menunjuk sebuah pendinginan di industri jasa.

Empat belas dari 18 industri menunjukkan pertumbuhan bulan lalu, dipimpin oleh perawatan kesehatan dan pelayanan makanan. Empat, termasuk pertambangan dan jasa profesional, mengatakan bisnis menyusut, menurut laporan tersebut.

Rincian dari laporan tersebut menunjukkan pengukur pesanan baru turun 5,7 poin menjadi 54,2 pada Mei, sedangkan ukuran kerja jasa turun menjadi 49,7, terendah sejak Februari 2014, dari 53.

Penurunan ukuran kelompok kerja menguatkan data dari Departemen Tenaga Kerja pada Jumat yang menunjukkan payrolls naik dengan hanya 38.000 pada bulan Mei, setidaknya sejak September 2010.

Lihat : Non Farm Payrolls AS Mei Terendah 5 Tahun; Harapan Kenaikan Suku Bunga Memudar

Indeks aktifitas bisnis, yang sejajar mengukur produksi pabrik ISM, jatuh ke 55,1 bulan lalu dari 58,8 pada bulan April. Ukuran harga yang dibayar maju ke 55,6, tertinggi sejak September 2014, dan menunjukkan biaya yang meningkat pada kecepatan yang lebih cepat, dari 53,4.

Ukuran pengiriman pemasok, yang mengukur seberapa cepat perusahaan dapat menerima pesanan dari pemasok, naik menjadi 52,5 dari 51 bulan sebelumnya. Angka di atas 50 berarti pengiriman melambat, yang merupakan sinyal permintaan positif karena menunjukkan perusahaan mengalami kesulitan menjaga.

Survei layanan ISM meliputi berbagai industri, termasuk ritel, perawatan kesehatan, pertanian dan konstruksi. Survei manufaktur kelompok awal pekan ini menunjukkan pabrik diperluas sedikit lebih cepat pada bulan Mei. Indeks itu naik ke 51,3 dari 50,8 pada bulan April.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here