Berita Ekonomi Sepekan : Pembangunan Kelistrikan, Membuka Keran Impor Dan Kerjasama Ekonomi

350

Berita ekonomi sepekan kali ini menyoroti pembangunan nasional dan ekonomi yang ujungnya tentu untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

Topik penting pekan lalu adalah ketersediaan listrik. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemenuhan kebutuhan listrik ini sudah tidak bisa ditunda-tunda lagi. Untuk itulah, Presiden menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Percepatan Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan, karena tidak bisa ditunda-tunda lagi. Demikian dinyatakan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada peresmian PLTG Gorontalo 100MW, di Pohuwato, Gorontalo, Jumat (3/6) siang.

Fokus penting yang lain adalah kebutuhan pokok masyarakat. Kebutuhan yang menyentuh langsung kehidupan rakyat adalah kebutuhan pokok rakyat seperti pangan. Menjelang bulan Ramadhan diperkirakan kebutuhan akan meningkat, dan sering terjadi bahwa mendekati dan memasuki hari raya harga-harga naik. Untuk itu pemerintah berupaya melakukan berbagai upaya untuk stabilisasi harga kebutuhan pokok, salah satunya dengan membuka keran impor.

Setiap kesempatan kerja sama yang ada dengan negara luar juga selalu diupayakan pemerintah untuk menggalang kerjasama ekonomi, investasi dan berbagai kerjasama lainnya yang dapat memberikan peningkatan pendapatan negara yang juga tentunya untuk pembangunan bagi kesejahteraan rakyat.

Pembangunan Ketersediaan Listrik

Untuk memastikan ketersediaan listrik dan pengembangan kelistrikan, maka pemerintah juga memfokuskan pembangunan pembangkit listrik yang potensil di berbagai daerah. Pekan lalu Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah untuk melihat progres pembangunan kelistrikan dan memastikan ketersediaan listrik bagi masyarakat.

Pembangunan Mobile Power Plant Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung

Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking enam pembangkit Mobile Power Plant (MPP) regional Sumatera yang dipusatkan di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Air Anyir, Kecamatan Merwang, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Rabu (1/6) Siang.

Membangun sebuah pembangkit listrik, menurut Presiden, membutuhkan waktu yang lama. “Kalau pembangkit listrik menggunakan batubara membutuhkan waktu 4 sampai 5 tahun. Tapi, kalo memakai yang seperti yang kita pakai ini (MPP) yang pakai gas bisa selesai 6 bulan,” tambah Presiden.

Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Lhokseumawe, Provinsi NAD

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lhokseumawe, kawasan industri di Lhokseumawe harus dihidupkan lagi. Hal ini dimungkinkan setelah diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Arun, di Desa Meuria Paloh, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, yang berkapasitas 184 Mega Watt (MW), Kamis (2/6) pagi.

Terkait proyek PLTMG Arun, Presiden Jokowi mengemukakan dengan adanya keluhan listrik hidup dan mati, sedangkan membangun dengan batubara itu memakan waktu 4 – 5 tahun, maka solusi salah satunya adalah membangun pembangkit listrik tenaga mesin gas.

Pembangunan Mobile Power Plant (MPP) Dan PLTU Kalimantan Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi), melanjutkan agenda kunjungan kerjanya ke Mempawah, Kalimantan Barat guna melakukan Groundbreaking Mobile Power Plant (MPP) 100MW dan Peresmian PLTU Ketapang 20MW, Kamis (2/6) sore.

Rangkaian kunjungan kerja Presiden kali ini merupakan tindak lanjut dari keluhan masyarakat soal minimnya pasokan listrik yang tersedia. Mobile Power Plant (MPP) Kalbar yang dibangun di Desa Jungkat, Siantan, Kabupaten Mempawah ini memiliki kapasitas 100MW, yang terdiri dari 4 unit masing-masing 25MW. Dengan adanya MPP ini akan menambah kehandalan pasokan listrik sistem katulistiwa di Kalbar.

PLTU Ketapang, berlokasi di Desa Sukabangun Dalam, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, memiliki kapasitas 20MW yang terdiri dari 2 unit dengan kapasitas masing-masing 10MW.

Pembangunan PLTG Gorontalo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemenuhan kebutuhan listrik ini sudah tidak bisa ditunda-tunda lagi. Untuk itulah, Presiden menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Percepatan Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan, karena tidak bisa ditunda-tunda lagi. “Sudah tidak mungkin lagi ada investasi datang kemudian suruh nunggu listriknya, pasti balik, pulang,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada peresmian PLTG Gorontalo 100MW, di Pohuwato, Gorontalo, Jumat (3/6) siang.

Peresmian PLTG Gorontalo yang berlokasi di desa Meleo, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo ini merupakan proyek pembangkit listrik pertama yang telah beroperasi dari program pembangunan listrik 35.000MW.

Pemerintah Buka Keran Impor Memasuki Bulan Ramadhan

Memasuki bulan Ramadhan, Presiden Jokowi mengharapkan harga bahan pangan tetap terjangkau di kalangan masyarakat. “Yang kita harapkan harga turun. Satu, harga bawang harus turun. Kedua, harga gula turun. Ketiga, harga daging turun, dan keempat beras juga harus turun,” kata Presiden Jokowi usai meresmikan pembukaan Lulu Hyperstore di Cakung, Jakarta, Selasa (31/5) sore.

Presiden menegaskan, pemerintah terus berkomitmen untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan pangan menjelang bulan Ramadhan. Selain menjaga pasokan, pemerintah juga terus berupaya agar harga bahan pangan, utamanya daging sapi dan bawang merah, tidak melonjak terlalu tinggi.

Kebijakan impor bawang merah yang saat ini dilakukan, lanjut Presiden, dimaksudkan untuk mencukupi ketersediaan bibit bawang yang sekitar satu atau dua bulan ke depan akan dibutuhkan oleh para petani.

“Kita melakukan impor bawang itu untuk mencukupi bibit yang kurang lebih sebulan atau dua bulan lagi dibutuhkan oleh petani. Karena kita lihat harga bibitnya saat ini sekitar Rp 42 ribu sampai Rp 43 ribu rupiah. Jadi impor bawang merah itu titik beratnya ada di bibit bawang. Sehingga, sekarang petani punya kesempatan untuk menyimpan bibit yang nantinya akan dikeluarkan,” jelas Presiden kepada para jurnalis yang menanyakan hal tersebut.

Presiden Joko Widodo juga mengemukakan, impor daging sapi yang diharapkan bisa mewujudkan harga di eceran menjadi Rp 80.000/kg saat ini masih dalam proses pengiriman, dan diharapkan pada minggu pertama bulan Ramadhan nanti, stok daging tersebut dapat segera didistribusikan.

Adapun pembukaan keran impor untuk beberapa komoditas pangan, dijelaskan Presiden bahwa langkah tersebut dimaksudkan untuk memenuhi permintaan pasar yang menjelang Ramadhan selalu meningkat.

Kerjasama Indonesia – Norwegia

Menteri Luar Negeri (Menlu) Norwegia Berge Brende melakukan kunjungan kehormatan ke Presiden Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (31/5) siang

Menlu RI Retno L.P. Marsudi, Presiden Jokowi juga menyampaikan ada dua prioritas penting dalam kerja sama Indonesia-Norwegia. Pertama adalah di bidang lingkungan hidup dan kehutanan, khususnya kerja sama yang dinamakan REDD+ yang sudah dilakukan sejak 2010.

Prioritas yang kedua, adalah kerja sama di bidang perikanan. Beberapa prioritas kerja sama di bidang perikanan antara lain adalah pemberantasan IUU Fishing, perikanan budidaya, dan pengelolaan ikan secara bertanggungjawab dan berkelanjutan.

Sementara dari pihak Norwegia menyatakan hubungan perdagangan dan investasi terus meningkat karena Norwegia memiliki apa yang dinamakan Pension Fund, termasuk yang paling besar yang dimiliki di dunia, dan telah menginvestasikan dari uang Pension Fund itu sebesar 1,2 miliar dollar AS di Indonesia. Selain itu, kerja sama yang memiliki potensi yang sangat tinggi untuk diperkuat adalah kerja sama di bidang energi terutama di energi air (hydropower).

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang
image : setkab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here