Bursa Eropa 6 Juni Bergerak Positif Menantikan Pidato Yellen

331

Bursa Saham Eropa bergerak naik pada awal perdagangan hari Senin menyusul memimpin berhati-hati dari Asia dan awal yang goyah untuk sesi perdagangan.

Indeks Stoxx 600 Pan Eropa diperdagangkan 0,15 persen lebih tinggi pada hari Senin setelah membuka 0,3 persen lebih rendah.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.255,24, naik 45,61 poin atau 0,73%

Indeks DAX berada pada posisi 10.117,58, naik 14,32 poin atau 0,14%

Indeks CAC berada pada posisi 4.419,02, turun -2,76 poin  atau -0,06%

Indeks IBEX berada pada posisi 8.817,40, naik 15.80 poin atau 0,18%

Lihat : Bursa Eropa Tertekan Data NFP AS; Mingguan Turun 2,4 Persen

Saham Penambang berada di antara pemain terbaik pada indeks; Rio Tinto diperdagangkan 3,78 persen lebih tinggi, BHP Billiton naik 3,6 persen dan kenaikan serupa terlihat di saham Anglo American, Glencore dan Antofagasta.

Valeo, pemasok otomotif yang berbasis di Perancis, adalah pemain terburuk, sahamnya turun 66 persen setelah stock split. Barclays merevisi target harga menjadi 53 euro dari 160 euro untuk mencerminkan stock split.

Awal Bursa Saham Eropa mengikuti pergerakan mixed bursa saham Asia, Senin dimana bursa saham Jepang jatuh. Perdagangan campuran datang setelah laporan mengecewakan pekerjaan AS bulan Mei pada Jumat melemahkan dolar AS.

Perekonomian AS menciptakan jumlah pekerjaan paling sedikit dalam lebih dari 5,5 tahun pada Mei karena pekerjaan manufaktur dan konstruksi turun tajam, yang bisa membuat lebih sulit bagi Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga.

Nonfarm payrolls AS hanya meningkat 38.000 pekerjaan bulan lalu, kenaikan terkecil sejak September 2010, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada akhir pekan hari Jumat (03/06). Keuntungan kerja juga dibatasi oleh pemogokan selama sebulan oleh pekerja Verizon, yang menekan sektor payrolls informasi dengan 34.000 pekerjaan.

Lihat : Non Farm Payrolls AS Mei Terendah 5 Tahun; Harapan Kenaikan Suku Bunga Memudar

Hasil ini memunculkan keraguan atas kenaikan suku bunga Federal Reserve AS bulan Juni atau Juli. Pasar sedang menunggu pidato Ketua Fed Janet Yellen hari Senin untuk petunjuk lebih lanjut tentang arah kebijakan moneter bank sentral AS.

Harga minyak mentah naik sementara pada awal perdagangan Senin karena penurunan dolar AS, yang membuat impor minyak dalam denominasi dolar lebih murah, yang terlihat memacu permintaan bahan bakar, meskipun para pedagang mengatakan pasokan berlimpah, Reuters melaporkan.

Analyst Vibiz Research memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pidato dari Janet Yellen dan pergerakan harga minyak mentah yang dapat mempengaruhi pergerakan bursa Eropa selanjutnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here