Bursa Seoul Akan Mencermati Pidato Yellen Dan Harga Minyak Mentah

328
indeks kospi

Bursa Korea Selatan libur pada hari Senin (06/06) memperingati Memorial Day.

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan Jumat (03/06), indeks Kospi berakhir flat, naik tipis 0,73 persen, atau 0,04 poin pada 1985.84. Penguatan indeks Kospi terdukung penguatan mata uang Won.

Lihat : Bursa Seoul 3 Juni Naik Tipis; Mingguan Naik 1 Persen

Untuk perkiraan perdagangan esok hari, perlu dicermati beberapa indikator yang dapat memprediksi pergerakan indeks Kospi, sementara belum ada data ekonomi domestik yang dapat dijadikan fundamental penguat bursa Seoul ini.

Yang dapat menjadi pedoman penting adalah malam nanti akan ada pidato dari Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen, yang bagi pasar dapat diartikan sebagai pengantar sebelum pertemuan dewan kebijakan Federal Reserve pada 14-15 Juni mendatang, apakah pernyataan dan komentarnya memberikan sinyal hawkish atau dovish bagi kenaikan suku bunga AS untuk bulan Juni ini.

Kenaikan suku bunga AS memudar akhir pekan kemarin seiring melemahnya data pekerjaan AS yang jatuh terendah dalam 5 tahun, yang memberikan perkiraan sebagian pasar kemungkinan The Fed akan menunda lagi kenaikan suku bunga AS bulan ini.

Jika pernyataan Yellen bernada hawkish, maka akan menguatkan kembali perkiraan kenaikan suku bunga AS bulan ini dan akan dapat menekan bursa Seoul.

Untuk indikator lainnya adalah pergerakan harga minyak mentah. Pada perdagangan akhir pekan kemarin harga minyak mentah turun dengan meningkatnya jumlah kilang minyak di AS yang memunculkan kembali sentimen negatif kekenayangan pasokan. Namun pada sesi Asia harga minyak meningkat dengan pelemahan dollar AS. Jika terus meningkat, maka dapat membantu penguatan bursa Seoul.

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka akhir pekan terpantau naik 0,40 poin atau 0,16% pada 244.60, naik dari posisi penutupan sebelumnya pada 244.20.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya indeks Kospi akan mencermati pernyataan Janet Yellen malam nanti dan dan pergerakan harga minyak mentah yang akan dapat mempengaruhi pergerakan bursa saham. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 241.43-238.43 dan kisaran Resistance 247.16-250.16.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here