Bursa Shanghai 6 Juni Berakhir Turun Terganjal Kekuatiran Data Ekonomi

212
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok awal pekan Senin (06/06), indeks Shanghai berakhir flat, turun tipis -4,40 poin, atau -0,15 persen, ke 2934.29. Perdagangan flat Indeks Shanghai hari ini terpicu kehati-hatian investor mencermati perkembangan data ekonomi yang akan dirilis minggu ini.

Lihat : Indeks Shanghai 6 Juni Naik Tipis Dengan Memudarnya Harapan Kenaikan Suku Bunga AS

Pada minggu ini akan dirilis beberapa data ekonomi seperti cadangan devisa, ekspor dan impor, inflasi, new yuan loans, produksi industri hingga retail sales Tiongkok.

Investor menunggu data ekonomi Tiongkok Mei minggu depan untuk petunjuk tentang apakah ekonomi mulai stabil. Data Maret cukup menggembirakan, tapi indikator ekonomi April dan survei aktivitas bisnis Mei telah menggambarkan hasil yang lebih lemah.

Namun kerugian dibatasi oleh meningkatnya harapan bahwa MSCI akan memasukkan saham Tiongkok di indeks pasar yang sedang berkembang dalam keputusan minggu depan, yang bisa memicu aksi beli asing.

Sebagian sektor berakhir turun pada akhir perdagangan Senin, dengan saham sektor keuangan dan konsumen memimpin penurunan.

Esok hari akan dirilis data cadangan devisa Tiongkok bulan Mei yang diindikasikan menurun dari hasil sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi sideways dengan adanya harapan masuknya indeks saham Tiongkok ke MSCI, namun masih dibayangi dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok, kecuali ada stimulus yang dijalankan pemerintah Beijing. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2834-2732 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3044-3168.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here