Harga Emas Melonjak Hampir 3 Persen Setelah Data NFP AS; Mingguan Naik 2 Persen

346

Harga Emas melonjak lebih dari 2 persen dan berada di jalur untuk lompatan hari terbesar dalam tujuh minggu pada akhir perdagangan akhir pekan hari Jumat setelah data payrolls AS yang jatuh di bawah perkiraan, meningkatkan harapan bahwa Federal Reserve akan menahan kenaikan suku bunga.

Perekonomian AS menciptakan pekerjaan paling sedikit dalam lebih dari lima tahun pada Mei, laporan Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan. Hal ini bisa membuat sulit bagi The Fed untuk menaikkan suku bunga lebih lanjut. Data memicu rebound emas, yang telah meluncur ke 3,5 bulan rendah dari $ 1,199.60 pada hari Senin lalu karena meningkatnya harapan untuk kenaikan suku bunga AS.

Lihat : Non Farm Payrolls AS Mei Terendah 5 Tahun; Harapan Kenaikan Suku Bunga Memudar

Harga emas spot naik 2,74 persen pada $ 1,243.81 per ons, sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus ditutup naik 2,5 persen pada $ 1,242.90 per ons.

“Penurunan tajam non-farm payrolls negatif untuk dolar dan positif untuk emas,” demikian pernyataan analis ABN Amro Georgette Boelesaid. “Harapan untuk kenaikan suku bunga segera telah jelas berkurang. Logam mulia harga akan terbang lebih tinggi.”

Emas berada di jalur untuk naik 2,3 persen minggu ini, setelah empat minggu berturut-turut lebih rendah setelah komentar dari petinggi bank sentral AS, termasuk Ketua Fed Janet Yellen, mendorong ekspektasi kenaikan suku bunga AS dalam jakngaj waktu dekat.

Permintaan Emas di Asia, konsumen terbesar di emas fisik dunua, diredam minggu ini sebagai sedikit peningkatan di India dan Jepang diimbangi oleh penurunan di pusat-pusat perdagangan lainnya sebagai pembeli menunggu penurunan harga lebih lanjut.

Di antara logam mulia lainnya, harga platinum spot naik 3,1 persen pada $ 983,04 per ons setelah menyentuh terendah sejak 8 April di $ 950 per ons. Itu berada di jalur untuk minggu pertama penguatan dalam empat minggu.

Harga perak spot naik 2,53 persen pada $ 16,38 per ons, sementara harga paladium spot naik 3,8 persen pada $ 552,89 per ons. Keduanya berada di jalur untuk penguatan mingguan pertama dalam lima minggu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik dengan sentimen menurunnya harapan kenaikan suku bunga AS. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Resistance $ 1,246-$ 1,248, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 1,242-$ 1,240.


Freddy/ VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here