Indeks Shanghai 6 Juni Naik Tipis Dengan Memudarnya Harapan Kenaikan Suku Bunga AS

463
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok awal pekan Senin (06/06), Indeks Shanghai bergerak naik turun, saat ini terpantau naik 2,04 poin atau 0,07 persen pada 2940.72. Pegerakan Indeks Shanghai mencermati data pekerjaan AS yang lemah yang memudarkan harapan kenaikan suku bunga AS bulan ini.

Lihat : Bursa Shanghai 2 Juni Berakhir Naik Terdorong Kenaikan Pertumbuhan Upah

Memudarnya harapan kenaikan suku bunga AS bulan ini setelah data Non Farm Payrolls AS turun terendah dalam 5 tahun.

Perekonomian AS menciptakan jumlah pekerjaan paling sedikit dalam lebih dari 5,5 tahun pada Mei karena pekerjaan manufaktur dan konstruksi turun tajam, yang bisa membuat lebih sulit bagi Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga.

Nonfarm payrolls AS hanya meningkat 38.000 pekerjaan bulan lalu, kenaikan terkecil sejak September 2010, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada akhir pekan hari Jumat (03/06). Keuntungan kerja juga dibatasi oleh pemogokan selama sebulan oleh pekerja Verizon, yang menekan sektor payrolls informasi dengan 34.000 pekerjaan.

Lihat : Non Farm Payrolls AS Mei Terendah 5 Tahun; Harapan Kenaikan Suku Bunga Memudar

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi menguat terbatas dengan harapan memudarnya kenaikan suku bunga AS bulan ini. Namun masih akan dibayangi kekuatiran ekonomi Tiongkok dengan masih dinantikannya stimulus yang diberikan pemerintah Beijing untuk penguatan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2834-2732 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3044-3168.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here