Non Farm Payrolls AS Mei Terendah 5 Tahun; Harapan Kenaikan Suku Bunga Memudar

730

Perekonomian AS menciptakan jumlah pekerjaan paling sedikit dalam lebih dari 5,5 tahun pada Mei karena pekerjaan manufaktur dan konstruksi turun tajam, yang bisa membuat lebih sulit bagi Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga.

Nonfarm payrolls AS hanya meningkat 38.000 pekerjaan bulan lalu, kenaikan terkecil sejak September 2010, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada akhir pekan hari Jumat (03/06). Keuntungan kerja juga dibatasi oleh pemogokan selama sebulan oleh pekerja Verizon, yang menekan sektor payrolls informasi dengan 34.000 pekerjaan.

united-states-non-farm-payrolls (2)

Menggarisbawahi kelemahan laporan itu, pengusaha mempekerjakan 59.000 pekerja lebih sedikit pada bulan Maret dan April dari yang dilaporkan sebelumnya. Sementara tingkat pengangguran turun tiga persepuluh persen poin menjadi 4,7 persen pada Mei, level terendah sejak November 2007, itu karena 458.000 orang Amerika menyerah mencari pekerjaan.

“Ini bukan laporan yang baik, dan mungkin juga memberikan pejabat Fed mempertimbangkan lagi tentang kenaikan suku bunga lagi bulan ini atau berikutnya, karena beberapa telah menyarankan akhir-akhir ini,” kata Peter Irlandia, seorang profesor ekonomi di Boston College.

The Fed telah mengisyaratkan niatnya untuk menaikkan suku segera jika keuntungan pekerjaan berlanjut dan data ekonomi tetap konsisten dengan kenaikan pertumbuhan pada kuartal kedua.

Ketua Fed Yellen mengatakan pekan lalu bahwa kenaikan suku bunga mungkin akan sesuai dalam “bulan mendatang,” jika kondisi mereka membaik. Bank sentral AS menaikkan suku bunga acuan overnight pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Pasar keuangan sebagian besar mengeluarkan perkiraan kenaikan suku bunga pada pertemuan kebijakan Fed 14-15 Juni setelah data Jumat, sesuai dengan peluang program FedWatch CME Group. Peluang peningkatan pada bulan Juli turun menjadi 37 persen dari sekitar 59 persen pada akhir Kamis.

Para ekonom telah memperkirakan payrolls naik 164.000 pada bulan Mei dan tingkat pengangguran jatuh menjadi 4,9 persen.

Lemahnya laporan menahan data belanja konsumen, produksi industri dan perumahan yang telah menunjukkan perekonomian sedang mendapatkan momentum setelah pertumbuhan melambat ke tingkat tahunan 0,8 persen pada kuartal pertama.

Beberapa ekonom mengatakan penurunan tajam dalam pekerjaan bulan lalu adalah pengembalian modal setelah cuaca musim hangat mendorong mempekerjakan pada bulan Februari dan Maret. Mereka juga melihat pertumbuhan penggajian yang lemah sebagai respon tertundanya pertumbuhan ekonomi yang meningkat di dua kuartal sebelumnya.

Meskipun kinerja yang buruk pada bulan Mei, penciptaan lapangan kerja telah rata-rata 150.000 per bulan tahun ini. Yang jauh di atas 100.000 peningkatan kerja bulanan yang mengatakan Yellen perlukan untuk bersaing dengan pertumbuhan populasi usia kerja.

Bulan lalu, sektor produksi, yang meliputi pertambangan, manufaktur dan konstruksi, menumpahkan 36.000 pekerjaan, terbesar sejak Februari 2010. Bahkan tidak termasuk pemogokan Verizon, gaji akan hanya meningkat sebesar lebih dari 70.000.

Para pekerja Verizon, yang dianggap menganggur karena mereka tidak menerima gaji selama seminggu seperti dinyatakan survei gaji, kembali ke pekerjaan mereka, Rabu. Mereka diharapkan untuk meningkatkan lapangan kerja Juni.

Rincian lain dari laporan kerja tidak menggembirakan. Penghasilan per jam rata-rata naik lima sen, atau 0,2 persen. Itu adalah penuurnan dari kenaikan 0,4 persen bulan April dan meninggalkan kenaikan tahun-ke-tahun pada 2,5 persen.

Sebuah ukuran luas pengangguran yang mencakup orang-orang yang ingin bekerja tetapi telah menyerah mencari dan mereka yang bekerja paruh waktu karena mereka tidak dapat menemukan pekerjaan penuh-waktu tetap stabil di 9,7 persen.

Tingkat partisipasi angkatan kerja, atau pangsa usia kerja Amerika yang dipekerjakan atau setidaknya mencari pekerjaan, turun 0,2 persen menjadi 62,6 persen. tetes yang dibatalkan sekitar dua-pertiga dari kenaikan terlihat antara September lalu dan Maret tahun ini.

Sektor swasta menambahkan hanya 25.000 pekerjaan, jumlah terkecil sejak Februari 2010. Pekerjaan Manufacturing turun 10.000 pekerjaan dan gaji konstruksi turun 15.000, terbesar sejak Desember 2013.

Kerja pertambangan mempertahankan tren menurun yang menurunkan 10.000 posisi. Payrolls pertambangan telah turun 207.000 sejak memuncak pada bulan September 2014, dengan tiga perempat dari kerugian dalam kegiatan dukungan.

Payrolls ritel naik 11.400 setelah kehilangan pekerjaan pada bulan April untuk pertama kalinya sejak Desember 2014. Kerja perdagangan Grosir turun 10.300 pekerjaan. Sementara-bantuan pekerjaan, pertanda bagi perekrutan masa depan, turun 21.000.

Ada penurunan utilitas dan transportasi dan pergudangan kerja. Gaji pemerintah meningkat sebesar 13.000 dan pekerjaan kesehatan melonjak 55.400.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here