Bursa Seoul 7 Juni Berakhir Naik 1 Persen Terdukung Penguatan Won

350
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan Selasa (07/06), indeks Kospi berakhir naik 25,79 poin, atau 1,3 persen, pada 2,011.63. Penguatan indeks Kospi terdukung penguatan mata uang Won.

Lihat : Indeks Kospi 7 Juni Dibuka Naik Terdorong Penguatan Wall Street

Pada akhir perdagangan sore ini, mata uang Won menguat terhadap dollar AS. Mata uang lokal ditutup pada 1,162.7 Won terhadap dolar AS, naik tajam 20,9 Won dari penutupan sesi sebelumnya.

Penguatan mata uang Won terjadi setelah pidato ketua Fed AS Janet Yellen yang memudarkan harapan kenaikan suku bunga AS dalam bulan ini.

Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen, pada hari Senin memberikan pernyataan yang sebagian besar optimis tentang prospek ekonomi AS dan mengatakan kenaikan suku bunga akan datang.

Secara keseluruhan, Yellen mengatakan lebih banyak kekuatan positif yang mendukung pertumbuhan lapangan kerja dan inflasi daripada yang negatif dan hal itu akan terus berlangsung.

Lihat : Yellen Optimis Untuk Ekonomi AS, Berharap Kenaikan Suku Bunga Berlanjut

Pada akhir perdagangan, saham-saham kapital besar yang menguat adalah saham Samsung Electronics, naik untuk hari kelima berturut-turut berakhir naik 1,53 persen.  dari penutupan hari sebelumnya. Saham perusahaan baja POSCO melonjak 6,9 persen. Saham Samsung SDS, afiliasi IT Samsung Group, juga melonjak 6,28 persen di belakang pengumuman bahwa perusahaan sedang mempertimbangkan membagi dua bisnis logistik.

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka terpantau naik 3,30 poin atau 1,35% pada 247.90, naik dari posisi penutupan sebelumnya pada 244.60.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya indeks Kospi akan menguat terbatas dengan menurunnya harapan kenaikan suku bunga AS bulan ini. Juga perlu dicermati pergarakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah yang akan dapat mempengaruhi pergerakan bursa saham. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 244.87-241.72 dan kisaran Resistance 250.88-253.88.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here