Keputusan RBA Berhasil Angkat Aussie Lompat Ke Puncak 1 Bulan

220

Setelah bank sentral Australia (RBA) mengumumkan kebijakan moneternya Selasa siang (7/6), pergerakan nilai tukar aussie yang perdagangan awal pekan retreat bergerak bullish sangat kuat mencapai posisi tertinggi dalam sebulan perdagangan.  Perdagangan sebelumnya mata uang Australia ini bergerak negatif disaat harga minyak mentah sedang tinggi-tingginya.

RBA umumkan suku bunga bank sentral tersebut tidak berubah dari posisi suku bunga bulan sebelumnya di posisi 1,75% yang merupakan posisi suku bunga terendah sepanjang sejarah. RBA beralasan data ekonomi masih menunjukkan pertumbuhan yang berlanjut sehingga posisi suku bunga sekarang masih dapat memfasilitasi kondisi tersebut.

Disisi lain harga minyak mentah terus menunjukkan kinerja yang mantap dan berusaha mendekati harga diatas kisaran US$50 per barel. Kenaikan harga minyak ini paling banyak disebabkan kekhawatiran akan pasokan minyak global yang jauh berkurang.

Lihat: Rekomendasi Aussie, Selasa 7 Juni 2016

Pergerakan kurs aussie di sesi Eropa  (08:00:35 GMT) cenderung bergerak kuat  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih rendah    pada   0.7365 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  aussie naik 67 pips  atau 0,7%  dan nilai bergulir  berada pada 0.7434.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga   perdagangan sesi Amerika malam ini, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair AUDUSD dapat naik  ke kisaran  0.7443-0.7481. Namun jika terjadi koreksi akan turun ke kisaran  0.7339.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here