Produksi Industri Jerman Melonjak Bulan April

351

Produksi industri di negara ekonomi terbesar zona Eropa maju pada bulan April, dipelopori oleh keuntungan di bidang manufaktur dan produksi barang modal. Total produksi naik 0,8% secara bulanan, menurut Ministry for Economic Affairs and Energy Jerman.

Hasil tersebut lebih baik daripada kenaikan 0,7% oleh proyeksi ekonom.

germany-industrial-production-mom (2)

Keduanya produksi pabrik dan energi meningkat 1,1% pada bulanan, dengan kenaikan dipimpin oleh 2,2% lompatan dalam produksi barang modal.

Sektor konstruksi Jerman lemah dalam jaringan, dengan produksi turun sebesar 1,7% menyusul penurunan 3,0% pada bulan sebelumnya; tetapi beberapa ekonom yakin bahwa itu akan hanya kemunduran sementara.

“Penurunan kegiatan konstruksi secara eksklusif menggambarkan tentang teknis yang berhubungan dengan cuaca yang telah mengaburkan fundamental. Kedua pesanan baru dan izin bangunan telah meroket dalam beberapa bulan terakhir,” menurut Dr.Andreas Rees, kepala ekonom Jerman di UniCredit Research mengatakan di catatan yang dikirim kepada klien.

Dr Rees menunjuk ke 6,4% kuartal-ke-kuartal lonjakan pesanan konstruksi baru selama kuartal pertama yang mendukung klaim, yang telah mengikuti kenaikan 10,2% bahkan lebih jelas selama tiga bulan sebelumnya.

Izin bangunan telah menunjukkan kekuatan yang sama, meroket 12,2% selama kuartal selama tiga bulan pertama 2016 setelah naik 7,8% pada kuartal sebelumnya.

“Meskipun volatilitas jangka pendek ini, kita tetap berpegang pada perkiraan pertumbuhan 1,8% untuk tahun 2016 secara keseluruhan.”

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here