Saham ICBP Selasa 7 Juni Capai Posisi Tertinggi Sejak IPO

226

Mengakhiri perdagangan saham hari kedua pekan ini, saham  PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) kembali bergerak rally setelah menemukan pijakan kuat pada perdagangan akhir pekan lalu. Penguatan saham diatas 2 persen hari ini mendapat bantuan dari modal investor asing hingga Rp34 miliar lebih. ICBP yang akan membagikan dividen akhir bulan ini memiliki sentimen kuat untuk meningkatkan kinerja sahamnya.

Perseroan yang mendapatkan keuntungan nyaris Rp1 triliun pada 3 bulan pertama lalu, kembali akan membagikan dividen tunainya yang diambil dari laba sepanjang tahun 2015 yang alami peningkatan dari tahun sebelumnya. ICBP akan membagikan dividen senilai Rp256 per saham atau sebesar Rp1,9 triliun, sedangkan tahun lalu hanya Rp226 per saham atau sebesar Rp1,3 triliun.

Sebagai informasi, periode kuartal pertama tahun 2016 keuntungan yang diraih ICBP mencapai Rp944,8 miliar sedangkan keuntungan tahun 2015 periode yang sama hanya Rp796,8 miliar. Mantapnya kinerja keuangan perseroan disumbang oleh omset ICBP yang meningkat  hingga Rp8,92 triliun atau naik 11 persen lebih  dari omset tahun sebelumnya yang hanya  Rp7,97 triliun. Seperti diketahui bersama bisnis mie instanlah yang menopang omset perusahaan.

Melihat pergerakan sahamnya di lantai bursa perdagangan saham pada hari Selasa (7/6) saham ICBP ditutup menguat 2,76 persen  pada level 16750 setelah dibuka   pada posisi 16400.  Dan hingga akhir perdagangan sore  ini saham diperdagangkan sebanyak 35 ribu lot saham.  Nilai saham sore ini merupakan nilai saham harian tertinggi sejak pertama kali IPO.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham ICBP perdagangan sebelumnya bergerak dengan indikator MA naik  dan indikator Stochastic mendekati  area jenuh beli. Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar dengan  +DI  naik keatas  menunjukan saham ICBP menguat terbatas.  Untuk pergerakan selanjutnya saham diperkirakan bergerak pada kisaran 16370-16750.

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here