Bursa Eropa 8 Juni Bergerak Lemah Tertekan Kekuatiran Ekonomi Global

371

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada awal perdaganan hari Rabu (08/06), tergerus kekhawatiran terhadap kesehatan ekonomi global.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,53 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.282,17, turun -2,36 poin atau -0,04%

Indeks DAX berada pada posisi 10.242,07, turun -45,61 poin atau -0,44%

Indeks CAC berada pada posisi 4.454,66, turun -21,20 poin atau -0,47%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.846,90, turun -47,60 poin atau -0,54%

Lihat : Awal Bursa Eropa 7 Juni Bergerak Positif Mencerna Pidato Yellen

Pada perdagangan pasar global hari ini, melemahnya ekspor Tiongkok menimbulkan lagi kekuatiran kesehatan ekonomi Tiongkok

Data perdagangan Tiongkok bulan Mei mengisyaratkan negara ekonomi terbesar kedua di dunia itu masih belum pulih secara menyeluruh untuk kesehatan ekonomi.

Ekspor dalam hal mata uang dolar merosot 4,1 persen secara tahunan, lebih dari dua kali lipat kejatuhan April 1,8 persen. Impor turun tipis 0,4 persen secara tahunan, lebih sempit dari 10,9 persen jatuh pada April. Demikian rilis dari General Administration of Customs Tiongkok, Rabu (08/06).

Lihat : Ekspor Tiongkok Mei Merosot 4 Persen

The Federal Reserve AS tampaknya telah menunda kenaikan suku bunga pada bulan Juni. Hal ini muncul setelah angka terakhir pekerjaan yang buruk dari AS dan mengikuti pertumbuhan ekonomi kuartal pertama yang loyo, yang menurut analis membawa kepada kuartal kedua lemah.

Dalam berita lain, Bank Dunia memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global 2016 pada Rabu (08/06) menjadi 2,4 persen dari 2,9 persen yang diperkirakan pada bulan Januari karena harga komoditas turun tajam, permintaan lamban di negara maju, perdagangan lemah dan arus modal berkurang.

Komoditas ekspor negara emerging market telah berjuang untuk beradaptasi dengan penurunan harga minyak, logam, dan komoditas lainnya, membebani untuk setengah dari revisi ke bawah, demikian pernyataan Bank Dunia dalam laporan Global Economic Prospects terbaru.

Lihat : Bank Dunia Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global 2016

Harga minyak mentah berdiri stabil di dekat level tertinggi dalam delapan bulan pada hari Rabu, didukung oleh data industri dari American Petroleum Institute yang menunjukkan penarikan lebih tinggi dari perkiraan persediaan minyak mentah AS, yang turun 3,6 juta barel pekan lalu.

Sektor minyak dan gas diperdagangkan bervariasi.

Pelemahan dolar As membantu memberikan dorongan untuk harga logam, yang menawarkan dukungan untuk saham sumber daya dasar.

Dalam berita saham individu, Sainsbury melaporkan pendapatan kuartal pertama dengan penjualan ritel turun 0,8 persen. Tapi saham rally karena angka mengalahkan ekspektasi pasar.

Di tempat lain, saham Drax Grup lebih tinggi setelah Citigroup menaikkan target harga untuk saham.

Dan saham RWE mendapat dorongan setelah utilitas Jerman dan Rusia Gazprom, membuat kesepakatan pada kontrak pasokan gas jangka panjang.

Prancis Rexel dekat bagian bawah STOXX 600 setelah Citigroup memangkas proyeksi saham.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi bergerak lemah tertekan kekuatiran pelemahan ekonomi global. Namun akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah yang jika naik dapat menguatkan bursa Eropa.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here