Produksi Industri Inggris April Naik Tertinggi 4 Tahun

306

Produksi industri Inggris tumbuh di laju tercepat dalam hampir empat tahun di bulan April, didorong oleh produksi farmasi, gas dan mobil, berlawanan dengan tanda-tanda lain dari perlambatan ekonomi menjelang referendum Uni Eropa.

Produksi industri naik 2,0 persen pada April setelah naik 0,3 persen pada Maret, kenaikan bulan-ke-bulan terbesar sejak Juli 2012, Kantor Statistik Nasional mengatakan Rabu (08/06). Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan hal itu stagnan secara bulanan.

united-kingdom-industrial-production-mom (1)

Produksi manufaktur juga meningkat di laju tercepat sejak Juli 2012, naik 2,3 persen pada bulan ini menyusul kenaikan 0,1 persen pada Maret.

Angka ini didorong oleh kenaikan bulanan terbesar di sektor farmasi yang sering bergejolak sejak Februari 2014, naik 8,6 persen.

Manufaktur mewakili sekitar 10 persen dari produksi ekonomi Inggris dan sektor ini tetap 6,4 persen di bawah puncaknya sebelum krisis.

Melihat tiga bulan hingga April, yang memberikan rasa yang lebih baik dari tren yang mendasari dalam volatilitas data, produksi industri naik 0,7 persen, kenaikan pertama tahun ini.

Perekonomian Inggris secara keseluruhan melambat di kuartal pertama, dengan penurunan pertumbuhan 0,4 persen dibandingkan dengan 0,6 persen pada tiga bulan sebelumnya.

Hasil bisa lebih buruk dalam kuartal saat ini. Serangkaian survei usaha dari Markit / CIPS yang diterbitkan pekan lalu memperkirakan pertumbuhan di jalur untuk memperlambat hanya 0,2 persen pada periode April-Juni.


Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here