Rupiah Rabu Pagi Diburu Asing Karena Penambahan Imbal Hasil

336

Memantau pergerakan kurs rupiah pada perdagangan pasar spot valas dan juga antar bank hari ketiga pekan ini,  rupiah Rabu (8/06)  masih menunjukkan pergerakan yang sangat kuat setelah dibuka lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya. Penguatan yang signifikan ini  terjadi dikarenakan imbal hasil yang diperoleh bertambah  ditengah spekulasi pasar akan kekuatan dollar AS, terpantau imbal hasil naik 4,08%.  Imbal hasil ini lebih besar dari nilai value mata uang kawasan Asia.

Lihat: Dollar AS Sesi Asia Masih Kuat Meski Profit Taking Ancam Rivalnya

Pergerakan mantap rupiah pagi ini kembali memberikan kepercayaan tinggi bagi investor asing setor modalnya cukup besar hingga terbentuk net buy sebesar   Rp204 miliar lebih. Namun pergerakan IHSG bergerak mixed oleh aksi profit taking investor lokal sehingga kini terpantau bergerak negatif dan turun 0,2% ke posisi 4923.  

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,28% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13226/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13253/US$.  Demikian juga  kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  menguat  ke  13241 dari  posisi 13375 perdagangan hari Selasa (7/06).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat hingga akhir perdagangan  oleh proyeksi pelemahan dollar, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13265  resistance  13214.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here