BOK Pangkas Suku Bunga Korea Selatan Menjadi 1,25 Persen

339

Bank sentral Korea Selatan secara mengejutkan memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin pada Kamis (09/06), tampaknya mengantisipasi penundaan lebih lanjut dalam kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat.

Bank of Korea memangkas suku bunga acuan ke rekor rendah baru 1,25 persen untuk Juni, menandai pemangkasan pertama selama 12 bulan.

south-korea-interest-rate (5)

BOK telah tetap pada rekor suku bunga rendah dalam empat pemotongan suku antara Agustus 2014 dan Juni 2015.

Keputusan ini mengejutkan banyak pihak karena bank sentral Korea Selatan secara luas diperkirakan akan memperpanjang lagi suku bunga tetap sambil menunggu dan melihat perkembangan lebih lanjut, setelah hanya tanda-tanda kecil perbaikan ekonomi di negara ekonomi terbesar keempat di Asia ini.

Ekspor Korea Selatan telah jatuh setiap bulan sejak awal tahun lalu, namun tingkat penurunan melambat ke level terendah lima bulan dari 6 persen di bulan Mei.

Dalam sebuah polling sebelumnya yang dilakukan oleh Yonhap Infomax, jaringan berita keuangan dari Yonhap News Agency, 11 dari 13 ekonom yang disurvei juga memperkirakan laju tetap pada bulan Juni, mengutip tingkat kenaikan suku bunga AS mungkin bulan ini.

Ekspektasi untuk kenaikan suku bunga AS dengan cepat berkurang setelah Janet Yellen, ketua Federal Reserve AS, mengisyaratkan kenaikan lebih bertahap namun tidak menentukan waktu yang jelas.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here