Awal Bursa Eropa 10 Juni Tertekan Pelemahan Bursa Asia dan Minyak Mentah

366

Pasar Saham Eropa memperpanjang penurunan pada hari Jumat (10/06), tertekan pelemahan harga minyak mentah dan perdagangan bursa saham Asia.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 1,3 persen pada awal perdagangan, dengan semua sektor mencatat penurunan.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.159,80, turun -72,09 poin atau -1,16%

Indeks DAX berada pada posisi 9.922,37, turun -166,50 poin atau -1,65%

Indeks CAC berada pada posisi 4.355,57, turun -50,04 poin atau -1,14%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.641,60, turun -127,90 poin atau -1,46%

Lihat : Bursa Eropa Berakhir Lemah, Pergerakan Bursa Asia Dan Minyak Mentah Dicermati

Bursa saham Eropa mengikuti pasar saham Asia yang lebih rendah pada hari perdagangan terakhir pekan ini. Pasar di Asia sebagian besar di zona merah, mengikuti penurunan di pasar saham AS yang tertekan penurunan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah berada di wilayah negatif pada hari Jumat karena dolar yang lebih kuat membatasi keuntungan di pasar; Namun harga masih berada sekitar dan di atas $ 50, di belakang pemadaman pasokan dan permintaan kilang yang kuat.

Pada perdagangan pagi Eropa, Brent dan WTI AS memperpanjang kerugian sebelumnya, diperdagangkan masing-masing sekitar $ 51,30 dan $ 49,90 per barel. Kebanyakan perusahaan minyak termasuk Total, BP dan Royal Dutch Shell membukukan penurunan di awal perdagangan.

Dalam berita saham individu, perusahaan ritel Inggris Tesco menegaskan bahwa pihaknya menjual 95,5 persen saham pengendali bisnis kelontong Kipa di Turki, untuk Migros. Dalam pengumuman terpisah, pengecer juga mengungkapkan itu adalah untuk menjual rantai restoran Giraffe untuk Boparan. Saham Tesco turun lebih dari 1,5 persen.

Sementara itu, rival ritel Home Retail, yang diakuisisi oleh J Sainsbury, mengumumkan bahwa kepala eksekutif akan berhenti saat pengambilalihan selesai. Chief Financial Officer dari Sainsbury, John Rogers, diperkirakan mengambil posisi CEO Home Retail. Pada awal perdagangan, Sainsbury tergelincir lebih dari 1 persen sementara Home Retail turun hampir 1 persen.

Sementara itu, Lufthansa berada dekat bagian bawah benchmark Eropa, turun lebih dari 4 persen, setelah pesawat itu mengumumkan bahwa CFO Simone Menne akan mundur pada akhir Agustus untuk mengejar karir lain. Saham Air France-KLM juga melemah tajam setelah RBC menurunkan target harga pada saham.

Perusahaan rekrutmen Hays dan PageGroup salah satu di antara beberapa pemain terburuk di Eropa, turun masing-masing lebih dari 6 persen, setelah Deutsche Bank memangkas target harga dan mengurangi peringkat kedua saham ‘untuk “menjual”.

Sebagai lanjutan dari penurunan tajam terlihat pada hari Kamis, Essentra turun 5,5 persen setelah Numis, Citigroup dan JPMorgan menurunkan target harga mereka terhadap saham.

Group Peugeot berharap sekali lagi untuk mengambil kendali dari Grup PSA, menurut sebuah wawancara Les Echos dengan mantan ketua Thierry Peugeot dan anggota lain dari kelompok. Saham Peugeot Citroen berangkat hampir 2 persen, sedangkan sektor jatuh lebih dari 1,5 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah terpengaruh pelemahan bursa Asia dan harga minyak mentah yang berpotensi melemah yang dapat menekan bursa Eropa.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here