Indeks Hang Seng 10 Juni Tertekan Kinerja Buruk Saham Kereta Api

231

Indeks Hang Seng di bursa Saham Hong Kong bergerak turun sebagai reaksi terkait perusahaan AS yang menghentikan kesepakatan kereta berkecepatan tinggi dengan Tiongkok.

Desert Xpress yang berbasis di Las Vegas mengatakan di situsnya menghentikan kegiatan joint-venture dengan China Railway Internasional, mengenai layanan penumpang berkecepatan tinggi.

Indeks Hang Seng memperlebar kerugian awal 1,2 persen atau 255,24 poin lebih rendah ke 21,042.64. Hang Seng Index China Enterprises turun 2,2 persen atau 195,85 poin ke 8,831.97.

Castor Pang Wai-sun, kepala Core Pacific Yamaichi penelitian, mengatakan penghentian Desert Xpress untuk kesepakatan kereta memukul keras pasar Hong Kong.

Pembatalan pembicaraan Desert Xpress secara luas dirasakan oleh saham sektor kereta api Cina.
China Railway Construction, perusahaam konstruksi jalur kereta api dan rekayasa terbesar di negara itu, tenggelam 5,41 persen menjadi ditutup pada HK $ 9,45.

Rivalnya China Railway Group juga menurun 4,75 persen menjadi berakhir pada HK $ 5,81. CRCC Corp, produsen rolling stock milik negara, kehilangan 4,45 persen menjadi ditutup pada HK $ 7,08.

Saham emas melonjak, namun, setelah sebuah laporan Wall Street Journal mengatakan investor miliarder George Soros telah kembali ke pasar setelah istirahat panjang dari perdagangan dan telah diarahkan serangkaian investasi bearish, termasuk menjual saham dan membeli saham emas dan pertambangan emas, sebagai ia melihat masalah ekonomi datang.

Cina Gold International Resources Corp melonjak 8,04 persen menjadi HK $ 14,78 sementara Perusahaan Industri Zhaojin Mining melonjak 2,43 persen menjadi HK $ 7,17.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Hong Kong akan bergerak melemah dengan sentimen gagalnya kesepakatan kereta api cepat dan kekuatiran ekonomi Tiongkok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here