Jumlah Pekerjaan Kanada Mei Meningkat, Tingkat Pengangguran Turun

563

Kanada menambahkan jauh lebih banyak pekerjaan dari yang diperkirakan pada bulan Mei, dan tingkat pengangguran turun ke level terendah 10-bulan, meskipun itu karena lebih sedikit orang mencari pekerjaan, data dari Statistik Kanada menunjukkan pada Jumat (10/06).

Peningkatan 13.800 posisi bulan lalu melampaui proyeksi ekonom untuk kenaikan hanya 3.800 pekerjaan.

canada-employment-change

Tingkat pengangguran turun menjadi 6,9 persen, melebihi perkiraan untuk menahan di 7,1 persen. Ini adalah tingkat terendah sejak Juli.

canada-unemployment-rate

Pekerjaan konstruksi naik 18.600, dan produsen menambahkan 12.200 posisi. Analis telah mencari kenaikan di kedua sektor untuk mengimbangi penurunan dari sektor sumber daya karena harga minyak yang lebih murah.

Kategori layanan lainnya, yang meliputi pekerjaan di organisasi sipil dan profesional, tambah 23.900 posisi.

Tapi Alberta menumpahkan 24.100 pekerjaan, dan jumlah jam kerja anjlok 5,1 persen, penurunan bulanan terbesar dalam 30 tahun, sebagai kebakaran hutan di bagian utara provinsi mengganggu sejumlah industri, termasuk produksi minyak.

Statistik Kanada mengatakan tidak mengumpulkan data survei untuk wilayah Fort McMurray, yang dievakuasi karena kebakaran. Dengan Fort McMurray dibebankan untuk 2 persen dari populasi Alberta, dampak pada kota itu diabaikan, kata lembaga itu.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here