Penjualan Eceran Indonesia April Melambat, Bulan Mei Diprediksi Meningkat

234

Penjualan eceran Indonesia melambat bulan April, yang tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) April 2016 yang tumbuh 10,4% (yoy), lebih rendah dibandingkan Maret 2016 yang sebesar 11,1% (yoy). Demikian rilis dari Bank Indonesia, Kamis (09/06).

Perlambatan penjualan riil terjadi pada beberapa kelompok komoditas, dengan perlambatan terbesar pada komoditas barang lainnya yang tumbuh -15,3% (yoy), disebabkan oleh penurunan penjualan produk sandang.

indonesia-retail-sales-annual (4)

Penjualan eceran pada Mei 2016 diperkirakan meningkat dengan tumbuh sebesar 11,3% (yoy). Peningkatan penjualan diperkirakan terjadi pada beberapa kelompok barang, dengan pertumbuhan tahunan tertinggi pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi (34,7%; yoy), diikuti oleh kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya (15,8%; yoy).

Survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga pada Juli 2016 diperkirakan meningkat, seiring meningkatnya permintaan masyarakat menjelang perayaan hari raya Idul Fitri dan musim liburan. Indikasi ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang tercatat sebesar 148,0, lebih tinggi dari 139,7 pada bulan sebelumnya.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here