Rupiah Jumat Siang Berusaha Keluar Dari Zona Merah

271

Hingga akhir perdagangan  pasar spot valas sesi Asia Jumat siang (10/06), kurs rupiah yang dibuka  lebih rendah  dari perdagangan sebelumnya masih terjebak dalam zona merah oleh kekuatan dollar yang diperkirakan hanya sementara. Pelemahan rupiah hari ini sudah diprediksi BI sehingga institusi inipun melemahkan kursnya.

Miringnya nilai tukar rupiah hingga sesi siang menjadi pemicu investor asing akhir pekan ini profit taking di bursa saham lokal sehingga tercetak net sell Rp44 miliar lebih. Dampak dari aksi asing ini juga turut membuat IHSG Jumat siang melemah hingga indeks anjlok 0,2 persen.  

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,12% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13303/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13298/US$. Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu  diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah ke  13309 dari  posisi 13231 perdagangan hari Kamis (9/06), sedangkan kurs transaksi antar bank melemah ke posisi 13376 setelah perdagangan sebelumnya 13297.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi  kuat kembali hingga akhir perdagangan  oleh potensi pelemahan dollar AS  hingga sesi malam, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13398  resistance  13286 per dollar.

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here