Tunjangan Pengangguran AS Turun Tak Terduga

396

Jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran secara tak terduga turun minggu lalu, memperlihatkan kekuatan berkelanjutan di pasar tenaga kerja meskipun penurunan tajam dalam data pekerjaan minggu lalu.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara menurun 4.000 ke penyesuaian musiman 264.000 untuk pekan yang berakhir 4 Juni, kata Departemen Tenaga Kerja AS, Kamis (09/06). Penurunan tersebut mengalahkan ekspektasi ekonom untuk peningkatan ke 270.000.

united-states-jobless-claims (2)

Klaim telah turun 30.000 sejak melonjak ke 294,000 pada awal Mei. Mereka sekarang telah di bawah 300.000, ambang batas yang terkait dengan pasar kerja yang kuat, untuk 66 minggu berturut-turut, terpanjang beruntun sejak 1973.

Pergerakan klaim rata-rata empat minggu, dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari tren pasar tenaga kerja karena mengeluarkan volatilitas minggu-ke-minggu, turun 7.500 ke 269.500 minggu lalu.

Klaim laporan menawarkan tanda terbaru bahwa pasar tenaga kerja tetap kuat meskipun ekonomi hanya menambahkan 38.000 pekerjaan pada Mei, kenaikan terkecil sejak September 2010. Sebuah laporan pada hari Rabu menunjukkan lowongan pekerjaan mencapai sembilan bulan tertinggi pada bulan April dan PHK jatuh ke level terendah sejak September 2014.

Laporan klaim juga menunjukkan jumlah orang Amerika masih menerima manfaat setelah bantuan awal bantuan mimggu jatuh dalam pekan yang berakhir 28 Mei ke level terendah sejak Oktober 2000. Tingkat pengangguran tertanggung jatuh sepersepuluh persentase poin ke rekor rendah 1,5 persen.

Kesehatan pasar tenaga kerja kemungkinan akan menentukan waktu kenaikan suku bunga Federal Reserve berikutnya.

Ketua Fed Janet Yellen minggu ini menegaskan keinginan bank sentral AS untuk menaikkan suku bunga, tapi tidak memberikan petunjuk tentang kapan itu akan terjadi.


Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here