Akhir Bursa Hong Kong 13 Juni Merosot 2,5 Persen, Terendah 4 bulan

411

Pada penutupan perdagangan awal pekan Senin (13/06), indeks Hang Seng di Bursa Hongkong ditutup turun -529,65 poin, atau -2,52 persen, ke 20512.99. Pelemahan indeks Hang Seng tergerus berbagai sentimen negatif, yaitu pelemahan data investasi dan ekonomi Tiongkok, pelemahan harga minyak mentah dan kekuatiran Brexit. Pelemahan ini merupakan hasil terburuk dalam empat bulan.

Lihat : Awal Indeks Hang Seng 8 Juni Tertekan Kekuatiran Ekonomi Tiongkok

Investasi asing langsung (FDI) ke Tiongkok turun 1 persen secara tahunan menjadi 8,9 miliar dolar AS pada bulan Mei, demikian Departemen Perdagangan Tiongkok mengatakan Minggu (12/06). Hal ini dibandingkan dengan kenaikan 6 persen pada bulan April

Selama lima bulan pertama, FDI, yang tidak termasuk investasi di sektor keuangan, naik 3,8 persen dari tahun sebelumnya menjadi 54,2 miliar dolar, dengan pertumbuhan melambat dari 4,8 persen yang terdaftar pada periode Januari-April, kata kementerian itu.

Lihat : Investasi Asing Tiongkok Mei Menurun, Tertinggi dari AS

Data ekonomi Tiongkok yang dirilis pagi ini kurang menggembirakan. Produksi industri Tiongkok stabil, sama dengan yang diperkirakan pada bulan Mei, sementara penjualan ritel dan investasi perkotaan melambat secara mengejutkan, meningkatkan keraguan tentang apakah negara ekonomi terbesar kedua di dunia ini bisa stabil setelah kuartal pertama mengecewakan.

Sementara itu, pertumbuhan investasi aset tetap Tiongkok melambat tajam menjadi 9,6% per tahun pada bulan Januari untuk periode Mei menyusul pembacaan awal 10,5% dalam empat bulan hingga April. Perkiraan median ekonom memperkirakan peningkatan 10,5% per tahun.

Lihat : Produksi Industri Tiongkok Stabil; Penjualan Ritel dan Investasi Aset Tetap Mengecewakan

Di pasar komoditas, harga minyak mentah kehilangan posisi level psikologis $ 50. Harga minyak mentah berjangka AS turun 1,2 persen menjadi $ 48,49 per barel, sedangkan harga minyak mentah patokan global Brent turun 1,07 persen pada $ 50,00.

Kekuatiran Brexit, menjelang referendum 23 Juni terus memasuki pasar global, apakah Inggris tetap di Uni Eropa atau memutuskan keluar dari Uni Eropa.

Pada akhir perdagangan saham sore ini, saham-saham yang anjlok adalah saham China Mengniu Dairy Co Ltd yang anjlok -5,71 persen, saham China Resources Land Ltd anjlok-4,67 persen, saham Belle International Holdings Ltd merosot -4,55 persen, saham PetroChina Co Ltd turun -4,42 persen, saham Li & Fung Ltd turun -4,33 persen.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng turun -487 poin atau -2,34% pada  20,321.00, turun dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 20,808.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng berpotensi melemah terbatas dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok dan Brexit, namun jika bursa Wall Street dan harga minyak mentah terealisir menguat, akan dapat menguatkan bursa. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 19.898-19.390 dan kisaran Resistance 20.819-21.317.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here