Investasi Asing Tiongkok Mei Menurun, Tertinggi dari AS

619

Investasi asing langsung (FDI) ke Tiongkok turun 1 persen secara tahunan menjadi 8,9 miliar dolar AS pada bulan Mei, demikian Departemen Perdagangan Tiongkok mengatakan Minggu (12/06). Hal ini dibandingkan dengan kenaikan 6 persen pada bulan April.

Selama lima bulan pertama, FDI, yang tidak termasuk investasi di sektor keuangan, naik 3,8 persen dari tahun sebelumnya menjadi 54,2 miliar dolar, dengan pertumbuhan melambat dari 4,8 persen yang terdaftar pada periode Januari-April, kata kementerian itu.

china-foreign-direct-investment

Sektor jasa menarik 38.2 miliar dolar dari FDI dalam lima bulan, 70,4 persen dari total dan 7 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu.

FDI ke sektor manufaktur turun 3,2 persen selama periode menjadi 15,5 miliar dolar, mengakumulasikan untuk 28,8 persen dari total.

Lihat : Peringatan IMF : Lonjakan Utang Membahayakan Ekonomi Tiongkok dan Global

Di antara sepuluh investor besar, FDI dari Amerika Serikat melonjak 140,2 persen secara tahunan dalam lima bulan pertama sedangkan dari Inggris melonjak 110 persen.

Investasi dari negara-negara yang berkaitan dengan the Belt and Road Initiative naik 1,3 persen menjadi 3,1 miliar dolar selama periode tersebut.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here