Rupiah Awal Pekan Hanya Turun Sedikit, Dollar Lemas Lagi

525

Mengakhiri perdagangan  pasar valas awal pekan (13/6), kurs rupiah yang dibuka lebih rendah  dari perdagangan sebelumnya kembali berkubang di teritori negatif akibat kepanikan yang terjadi di pasar global sehingga memburu aset safe haven. Kondisi dollar AS di pasar forex sedang melemah terhadap banyak rival utamanya.

Lemahnya gerak rupiah hingga akhir perdagangan membuat modal asing mengalir deras ke luar bursa hingga mencapai menjadi net sell sebesar  Rp401 miliar lebih. Tekanan jual asing ini  membuat IHSG Senin anjlok hingga  0,8 persen.

Lihat: Pelemahan Bursa Global Terus Menekan Hingga Akhir IHSG 13 Juni

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot sore ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,03% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13298/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13355/US$. Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Senin diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah ke  13341 dari  posisi 13309 perdagangan hari Jumat (10/06), sedangkan kurs transaksi antar bank melemah ke posisi 13408 setelah perdagangan sebelumnya 13376.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan awal pekan diperkirakan  dibuka positif oleh pemburuan aset safe haven hingga akhir perdagangan malam nanti.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here