Rupiah Senin Pagi Tertekan Pelemahan Bursa Global

243

Memantau pergerakan kurs rupiah pada perdagangan pasar spot valas dan juga antar bank hari pertama   pekan ini,  rupiah Senin (13/06)  masih tertekan kuat setelah dibuka lebih rendah dari perdagangan akhir pekan lalu. Pelemahan kurs rupiah pagi ini terjadi dikarenakan kepanikan pasar keuangan dunia sehingga membuat investor asing amankan portofolionya ke aset safe haven. Selain itu juga  pelemahan rupiah seiring dengan pelemahan kurs yang dilakukan oleh BI.

Lihat: Dollar AS Sesi Asia 13 Juni Menguat Bukan Karena Fundamentalnya

Lemahnya rupiah pagi ini  lengkapi alasan bagi investor asing untuk tarik modalnya dari bursa saham Jakarta sehingga  terbentuk net sell sebesar   Rp58 miliar lebih beberapa saat setelah pasar dibuka. Demikian dengan laju IHSG merespon aksi asing tersebut alami pelemahan hingga  0,5% ke posisi 4825.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,32% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13336/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13355/US$.  Demikian juga  kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  melemah ke  13341 dari  posisi 13309 perdagangan hari Jumat (10/06).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat hingga akhir perdagangan  oleh proyeksi pelemahan dollar, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13366  resistance  13320.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here