Akankah Saham Tiongkok Masuk Dalam Indeks MSCI?

320

MSCI Inc akan mengumumkan Rabu pagi waktu Hong Kong apakah saham domestik Tiongkok akan ditambahkan ke alat pengukur patokan global ini, sebuah langkah yang awalnya akan memacu arus masuk sebanyak $ 30 miliar, menurut HSBC Holdings Plc.

Sementara inklusi ini akan menawarkan investor akses yang lebih besar ke perusahaan di negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini, Shanghai Composite Index, yang  telah jatuh 45 persen dalam 12 bulan terakhir, termasuk kerugian 20 persen tahun ini.

Indeks penggabung ini telah mempertimbangkan apakah akan menyertakan saham China daratan yang diperdagangkan sejak 2013. Ini sudah dua kali menunda persetujuan, mengutip kekhawatiran tentang akses pasar sebagai alasan diantaranya. Isu ini termasuk kuota untuk investor asing, kebutuhan untuk perbaikan likuiditas dan klarifikasi lebih lanjut dari aturan kepemilikan saham. Sementara pemerintah bangsa ini telah mengambil langkah-langkah untuk menjawab pertanyaan MSCI, aksi jual 3,2 persen di Shanghai Composite pada hari Senin menunjukkan pedagang daratan ragu pejabat telah melakukan cukup upaya tersebut.

Investor Tiongkok jauh lebih bersemangat dan bangkit. Indeks saham acuan diperdagangkan pada tinggi tujuh tahun pada malam keputusan MSCI ditengah catatan peredaran dan utang marjin. Berikut adalah cara pasar saham China naik sekarang.

Kerugian Shanghai Composite di tahun lalu adalah yang terbesar di antara 93 alat pengukur patokan dilacak oleh Bloomberg. Hang Seng China Enterprises Index saham China yang diperdagangkan di Hong Kong adalah berikutnya terburuk, diikuti oleh ekuitas Ukraina. MSCI All-Country World Index turun 7,7 persen pada periode.

Karena saham telah jatuh, sehingga memiliki omset. Nilai perdagangan saham rata-rata 30-hari turun menjadi 154 miliar yuan ($ 23 milyar) bulan ini, turun sekitar 84 persen dari puncaknya tahun lalu.

Sementara volatilitas meningkat pada Senin karena saham anjlok di akhir perdagangan, perubahan harga tetap terkendali – dengan indeks Topix Jepang memiliki gerakan sehari-hari lebih ekstrim.

Tidak seperti tahun lalu, di mana taruhan leverage mencapai rekor 2,3 triliun yuan sekitar waktu keputusan MSCI, utang marjin tetap dekat dengan tingkat terendah sejak 2014.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here