Akhir Bursa Shanghai 14 Juni Terangkat Harapan Inklusi Saham Dalam Indeks MSCI

342
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Selasa (14/06), indeks Shanghai berakhir naik 9,85 poin, atau 0,35 persen, ke 2842.92. Penguatan Indeks Shanghai terdorong harapan saham-saham Tiongkok dapat dimasukkan dalam indeks MSCI.

Lihat : Indeks Shanghai 14 Juni Berawal Naik Turun Terpengaruh Kekuatiran Ekonomi

MSCI Inc akan mengumumkan Rabu pagi waktu Hong Kong apakah saham domestik Tiongkok akan ditambahkan ke alat pengukur patokan global ini, sebuah langkah yang awalnya akan memacu arus masuk sebanyak $ 30 miliar, menurut HSBC Holdings Plc.

Sementara inklusi ini akan menawarkan investor akses yang lebih besar ke perusahaan di negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini, Shanghai Composite Index, yang  telah jatuh 45 persen dalam 12 bulan terakhir, termasuk kerugian 20 persen tahun ini.

Lihat : Akankah Saham Tiongkok Masuk Dalam Indeks MSCI?

Perdagangan saham tetap lamban di Shanghai karena kekhawatiran tentang ekonomi Tiongkok semakin besar setelah data menunjukkan pertumbuhan investasi aset tetap Tiongkok melambat ke level terendah 15-tahun.

Lihat : Produksi Industri Tiongkok Stabil; Penjualan Ritel dan Investasi Aset Tetap Mengecewakan

Sebagian besar sektor jatuh, namun saham keuangan dan konsumen menguat.

Esok hari akan dirilis data New yuan Loans bulan Mei yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi menguat terbatas jika saham Tiongkok jadi dimasukkan dalam indeks MSCI, juga jika data New Yuan Loans terealisir meningkat, namun masih dibayangi dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok, kecuali ada stimulus yang dijalankan pemerintah Beijing. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2732-2616 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2974-3098.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here