Optimisme Bisnis Australia Merosot Bulan Mei

354

Sektor jasa telah menjadi kekuatan pendorong dalam perekonomian Australia, meskipun permintaan untuk pekerja lebih luas tetap mengecewakan.

Kondisi bisnis datar pada Mei, demikian menurut survei bisnis National Australia Bank terbaru bulanan, yang dirilis pada hari Selasa (14/06).

Perbaikan dalam penjualan dan profitabilitas untuk bisnis Australia mengimbangi penurunan lain dalam kepercayaan bisnis dan mengecewakannya permintaan tenaga kerja, survei menunjukkan.

Kepala ekonom NAB Alan Oster mengatakan survei menunjukkan perbaikan lebih lanjut dari ekonomi non-pertambangan di kuartal Juni.

“Tidak ada keraguan bahwa hal ini tetap kuat di sisi aktifitas, tetapi perusahaan terus menjadi relatif terkendali dalam hal permintaan mereka untuk tenaga kerja,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Namun, Oster mencatat survei juga menunjukkan perusahaan semakin menggunakan kapasitas produksi cadangan – faktor yang bisa membantu permintaan yang mengangkat pekerjaan.

“Perusahaan lebih mungkin untuk mencari dan berinvestasi atau mempekerjakan lebih banyak pekerja jika mereka melihat bahwa kapasitas cadangan mereka menyusut,” katanya.

Survei mengatakan perusahaan juga melaporkan tingkat sedikit lebih rendah dari kepercayaan pada Mei, dengan indeks menurun dua poin menjadi 3,0, lebih lanjut di bawah rata-rata jangka panjang.

australia-business-confidence

“Pemotongan suku bunga oleh RBA tidak membantu mengangkat kepercayaan bisnis seperti yang kami harapkan, bahkan saat aktivitas penjualan terus membaik,” kata Oster.

Dia mengatakan ketidakpastian di sekitar pemilu mendatang mungkin menjadi faktor, namun hasil yang beragam di seluruh industri menyarankan faktor lain yang berperan.

Dengan aktivitas bisnis yang tersisa padat di bulan ini,  Oster yakin Reserve Bank tidak akan menyentuh suku bunga sampai Juni sampai inflasi kuartal dirilis pada akhir Juli.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here