Pendatang Baru Bursa Sedot 1 Triliun Modal Asing

645

IHSG yang dibuka melemah melanjutkan pergerakan bearish perdagangan sebelumnya imbas merahnya bursa saham global berhasil bangkit kembali oleh bantuan modal investor asing yang banyak masuk ke bursa saham pagi ini sehingga mengangkat indeks.

Pemicu derasnya modal asing membanjiri bursa oleh munculnya pendatang baru dalam kancah perdagangan bursa saham Indonesia yang membuat investor asing memburu banyak saham tersebut. Emiten baru tersebut PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR) yang baru mencatatkan perdana sahamnya hari ini. Setelah perdagangan saham POWR dibuka, sebanyak Rp1,3 triliun mengalir ke kantong bursa tanah air, yang diperkuat juga oleh penguatan rupiah terhadap dollar AS.

Emiten yang bergerak dalam industri pembangkit tenaga listrik ini memperoleh ijin bergabung dengan emiten lainnya di bursa saham pada tanggal 7 Juni 2016 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Emiten yang memiliki kode saham POWR melepas sebanyak 1,6 miliar sahamnya dengan nominal Rp200 per saham dengan harga penawaran Rp1500.

Setelah 1 jam perdagangan, nilai saham POWR melesat 3 persen lebih setelah dibuka pada harga saham 1575 dan kini mencapai harga 1545. Volume saham yang sudah diperdagangkan sudah mencapai 956 ribu lot saham.

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here