POWR Jadi Emiten ke-526 dan Saham Melonjak Diserbu Investor Asing

365

Emiten ke 526 atau yang ke 5 tahun ini setelah resmi mencatatkan perdana sahamnya di bursa saham di awal perdagangan hari ini (14/6) berhasil melonjak hingga 3 persen lebih jelang akhir perdagangan sesi II. Emiten yang bernama PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR) resmi dibuka di posisi  1575  dan kini saham bergerak di posisi 1550.

Dihari pertama perdagangan sahamnya, transaksi yang terjadi berhasil memperdagangkan 1,7 juta lot lebih dengan intervensi investor asing membeli 9,3 juta saham. Harga pembukaan pagi ini berada  di batas atas kisaran harga penawaran Rp1500.

Sebelum IPO proposal saham yang diajukan POWR kepada OJK akan melepas 1,6 miliar sahamnya atau setara 10% modal yang disetor dengan nominal Rp200 per saham. Dana yang terkumpul dari proses IPO  sebagian besar digunakan untuk penambahan kapasitas pembangkit listrik untuk  membangun fasilitas pembangkit listrik berbahan bakar gas dan uap atau pembangkit listrik berbahan batu bara. Penawaran yang dilakukan POWR kepada publik alami kelebihan permintaan hingga 11 kali.

Dalam transaksi perdagangan saham yang terjadi hari ini, saham POWR dibuka pada posisi 1550 dan jelang akhir perdagangan saham bergerak pada kisaran 1645-1500. Sebagai informasi perusahaan yang berpusat di Jakarta  ini selain sebagai kontraktor pembangkit tenaga listrik juga memiliki bisnis   pendistribusian tenaga listrik dan agen. Ssebelumnya saham perseroan ini dikuasai oleh PT Udinda Wahanatama, PT Brasali Industri Pratama dan PT Pentakencana Pakarperdana.

Lens Hu/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here