SMGR Dirikan Anak Usaha Baru, Sahamnya Masih Tertekan

287

PT Semen Indonesia Tbk. (SMGR) mengumumkan pendirian perusahaan baru bernama PT Semen Indonesia Internasional,  yang merupakan kerjasama dengan anak-anak usahanya seperti PT Semen Padang, Semen Gresik dan Semen Tonasa. Pendirian anak usaha baru ini untuk ekspansinya keluar negeri.

Perusahaan baru memiliki modal dasar sebesar Rp20 miliar dengan modal yang disetor oleh SMGR hanya sebesar Rp6 miliar, selebihnya disetor oleh ketiga anak usahanya tersebut. Dan untuk kepemilikan saham terhadap perusahaan baru paling banyak didominasi oleh SMGR sedangkan anak usahanya sama.

Sebelumnya diberitakan SMGR mendapat kredit dari BNI  sebesar Rp1 triliun untuk pembangunan pabrik semen di Aceh, dan  kredit dari Bank Mandiri sebesar Rp3,96 triliun untuk pembiayaan pabrik semen di Rembang.

Untuk pergerakan sahamnya di bursa perdagangan saham hari Selasa (14/6) saham SMGR dibuka  pada level 8800 dari  penutupan perdagangan sebelumnya di level 8850. Untuk volume perdagangan saham  sudah   mencapai  17 ribu  lot saham   dan pergerakan saham  negatif.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham SMGR perdagangan sebelumnya bergerak  bearish   dengan   indikator MA  bergerak datar dan  indikator Stochastic   masuk ke area jenuh jualnya.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar  dengan +DI bergerak datar menunjukkan  saham rawan masih dalam tekanan. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi saham SMGR hari ini pada kisaran support di posisi 8750  dan level resisten di 8800.

Joel/VMN/VBN/ Senior Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here