Bursa Eropa 15 Juni Bergerak Positif Terpicu Sentimen Suku Bunga Tetap AS

226

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada hari Rabu dengan pasar menunggu keputusan dari pertemuan dua hari Federal Reserve AS.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 1,16 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 5.975,23, naik 51,70 poin atau 0,87%

Indeks DAX berada pada posisi 9.584,03, naik 64,83 poin atau 0,68%

Indeks CAC berada pada posisi 4.181,76, naik 51,43 poin atau 1,25%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.266,10, naik 139,40 poin atau 1,72%

Lihat : Bursa Eropa 14 Juni Bergerak Lemah Terpengaruh Kekuatiran Brexit

Pasar Eropa memulai hari pada pijakan mantap pada Rabu, menjelang kesimpulan dari pertemuan kebijakan Federal Open Market Committee AS (FOMC) yang dimulai pada hari Selasa kemarin.

Pasar memperkirakan The Fed AS akan mempertahankan suku bunga tetap, menyusul data pekerjaan suram dan meningkatnya kekhawatiran atas Brexit, dimana Inggris meninggalkan Uni Eropa (EU) dalam referendum pada 23 Juni.

Sementara itu di Asia, Bank of Japan (BOJ) juga dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan kebijakan dua hari mulai Rabu. Pasar Tiongkok naik Rabu, mengabaikan keputusan oleh penyedia indeks saham MSCI Selasa untuk menunda masuknya saham A indeks patokan pasar berkembang.

Investor juga melihat ke depan untuk pertemuan Bank of England pada hari Kamis di mana bank sentral diharapkan untuk tidak membuat perubahan pada tingkat suku bunga. Pada hari Rabu, jumlah pengangguran di Inggris Raya turun 20.000 dalam tiga bulan hingga April sementara tingkat pengangguran berdiri di 5 persen, terendah sejak tahun 2005.

Sektor ritel adalah fokus bagi investor. Inditex, pemilik Zara, melaporkan kenaikan 6 persen laba bersih kuartal pertama membantu mendorong saham naik tajam.

Perusahaan Swedia H & M mengatakan penjualan Mei naik 9 persen tahun-ke-tahun, sedikit di bawah ekspektasi pasar. Saham diperdagangkan lebih tinggi.

Dan dalam sebuah pernyataan perdagangan, pembuat sepatu mewah Jimmy Choo mengatakan telah membuat awal yang baik untuk tahun ini, mengirimkan saham ke wilayah positif.

Perusahaan pembangun Inggris Berkeley Grup memperingatkan bahwa pemesanan perumahan selama lima bulan sampai Mei turun 20 persen menjelang Referendum Uni Eropa. Komentar mengirim saham perusahaan lebih rendah dan menyeret housebuilders Inggris lainnya termasuk Taylor Wimpey dan Bovis Homes rendah.

Saham pembuat software British AVEVA Grup merosot lebih dari 18 persen setelah mengatakan pembicaraan dengan Schneider Electric untuk pengambilalihan terbalik potensial telah berakhir. Saham Schneider Electric berada di zona positif.

Saham pertambangan dasar rebound tajam pada Rabu, karena dolar merosot sedikit menjelang pertemuan Fed. Melemahnya dolar mendukung komoditas denominasi dolar seperti tembaga dan ini membantu reli saham pertambangan.

Dan bank-bank, yang telah tertekan pada awal pekan ini, diperdagangkan lebih tinggi. Kekhawatiran atas kesehatan bank-bank Eropa telah naik kembali, terutama di Italia di mana pemberi pinjaman memiliki portofolio besar kredit bermasalah.

Imbal hasil obligasi pemerintah yang rendah, khususnya di Jerman di mana yiled 10 tahun bund turun di bawah nol untuk pertama kalinya minggu ini, telah menambah kekhawatiran.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif dengan sentimen positif The Fed AS akan mempertahankan suku bunga tetap.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here