Bursa Shanghai 15 Juni Berakhir Naik Tertinggi 2 Minggu Mengabaikan Penolakan MSCI

293

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (15/06), indeks Shanghai berakhir naik 44,74 poin, atau 1,57 persen, ke 2886.92. Penguatan Indeks Shanghai terpicu investor yang mengabaikan keputusan MSCI untuk tidak menambah saham daratan ke salah satu indeks acuan utamanya.

Lihat : Indeks Shanghai 15 Juni Dibuka Lemah Terpicu Gagalnya Inklusi Saham Tiongkok Dalam MSCI

Pedagang mengatakan investor sudah tidak mempermasalahkan keputusan MSCI, investor bahkan melakukan aksi bargain hunting.

Saham-saham domestik Tiongkok ditolak masuk ke indeks acuan MSCI Inc untuk ketiga kalinya, sebuah kemunduran bagi upaya Presiden Xi Jinping untuk meningkatkan profil pasar saham daratan dan mengubah yuan menjadi mata uang internasional.

Indeks gabungan menyatakan dibutuhkan perbaikan tambahan dalam aksesibilitas pasar A-share untuk memutuskannya, demikian menurut pernyataan pada hari Selasa (14/06). MSCI, yang merupakan indeks emerging-market yang dilacak oleh investor dengan aset $ 1,5 triliun, mengatakan akan mempertimbangkan kembali inklusi pada tahun 2017 dengan ulasan klasifikasi pasar, sementara tidak mengesampingkan pengumuman sebelumnya.

Lihat : Saham Tiongkok Gagal Masuk Indeks MSCI

“Mengenai MSCI, sebagian besar investor ritel di Tiongkok tidak benar-benar peduli. Dan untuk lembaga, harapan mereka dari inklusi telah sangat berkurang sejak krisis pasar tahun lalu,” kata Charles Wang, Kepala Appleridge Capital Management Co yang berbasis di Shenzhen.

Regulator sekuritas Tiongkok mengatakan pada hari Rabu bahwa keputusan MSCI tidak akan mempengaruhi reformasi dan proses pembukaan pasar modal negara, menambahkan bahwa setiap indeks global yang tidak termasuk A saham adalah “tidak lengkap”.

“Bahkan jika saham A dimasukkan, itu akan masih hanya menjadi acara simbolis. Dampak nyata akan terbatas,” kata Shen Weizheng, fund manager Ivy Capital yang berbasis di Shanghai.

Semua sektor utama di Tiongkok naik pada Rabu, dengan saham kapital kecil memimpin keuntungan.

Hari ini telah dirilis data New Yuan Loans bulan Mei yang membukukan hasil 985.5 miliar Yuan, meningkat dari hasil sebelumnya 555.6 miliar Yuan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi menguat terbatas dengan perkiraan The Fed AS akan mempertahankan suku bunga tetap. Namun masih dibayangi dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok, kecuali ada stimulus yang dijalankan pemerintah Beijing. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2795-2693 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2989-3098.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here