Indeks Shanghai 15 Juni Dibuka Lemah Terpicu Gagalnya Inklusi Saham Tiongkok Dalam MSCI

605
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Rabu (15/06), Indeks Shanghai dibuka turun, saat ini terpantau turun -27,50 poin atau -0,97 persen pada 2814.69. Pelemahan Indeks Shanghai terpicu gagalnya saham Tiongkok masuk indeks MSCI.

Lihat : Akhir Bursa Shanghai 14 Juni Terangkat Harapan Inklusi Saham Dalam Indeks MSCI

Saham-saham domestik Tiongkok ditolak masuk ke indeks acuan MSCI Inc untuk ketiga kalinya, sebuah kemunduran bagi upaya Presiden Xi Jinping untuk meningkatkan profil pasar saham daratan dan mengubah yuan menjadi mata uang internasional.

Indeks gabungan menyatakan dibutuhkan perbaikan tambahan dalam aksesibilitas pasar A-share untuk memutuskannya, demikian menurut pernyataan pada hari Selasa (14/06). MSCI, yang merupakan indeks emerging-market yang dilacak oleh investor dengan aset $ 1,5 triliun, mengatakan akan mempertimbangkan kembali inklusi pada tahun 2017 dengan ulasan klasifikasi pasar, sementara tidak mengesampingkan pengumuman sebelumnya.

Lihat : Saham Tiongkok Gagal Masuk Indeks MSCI

Data ekonomi Tiongkok yang dirilis pagi ini kurang menggembirakan. Produksi industri Tiongkok stabil, sama dengan yang diperkirakan pada bulan Mei, sementara penjualan ritel dan investasi perkotaan melambat secara mengejutkan, meningkatkan keraguan tentang apakah negara ekonomi terbesar kedua di dunia ini bisa stabil setelah kuartal pertama mengecewakan.

Sementara itu, pertumbuhan investasi aset tetap Tiongkok melambat tajam menjadi 9,6% per tahun pada bulan Januari untuk periode Mei menyusul pembacaan awal 10,5% dalam empat bulan hingga April. Perkiraan median ekonom memperkirakan peningkatan 10,5% per tahun.

Lihat : Produksi Industri Tiongkok Stabil; Penjualan Ritel dan Investasi Aset Tetap Mengecewakan

Dengan gagalnya saham Tiongkok masuk indeks acuan dunia MSCI, maka sentimen kembali ke kekuatiran ekonomi Tiongkok, yang pekan lalu mncapai hasil yang kurang menggembirakan.

Perdagangan saham tetap lamban di Shanghai karena kekhawatiran tentang ekonomi Tiongkok semakin besar setelah data menunjukkan pertumbuhan investasi aset tetap Tiongkok melambat ke level terendah 15-tahun.

Lihat : Produksi Industri Tiongkok Stabil; Penjualan Ritel dan Investasi Aset Tetap Mengecewakan

Pada perdagangan hari ini, bursa Tiongkok akan mencermati data New Yuan Loans Mei diindikasikan meningkat dari hasil sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas dengan dibayangi kekuatiran ekonomi Tiongkok dan masih dinantikannya stimulus yang diberikan pemerintah Beijing untuk penguatan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2732-2616 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2974-3098.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here