Optimisme Konsumen Australia Juni Menurun

706

Sebuah pengukur swasta kepercayaan konsumen Australia sedikit menurun pada bulan Juni, tetapi mendekati tertinggi bulan lalu, sebuah tanda bahwa pengeluaran rumah tangga dan sektor perumahan yang kuat yang menyebarkan kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi.

Survei sentimen konsumen Westpac-Melbourne Institute turun 1% menjadi 102,2 pada bulan Juni. Indeks melonjak 8,5% pada bulan Mei mencapai level tertinggi sejak Januari 2014.

australia-consumer-confidence (3)

Indeks sentimen konsumen yang diikuti mengukur ekspektasi ekonomi rumah tangga, termasuk pandangan tentang tren pembelian saat ini. Belanja konsumen menyumbang sekitar 55% dari produk domestik bruto Australia (PDB).

Belanja konsumen merupakan kontributor utama ekspansi yang kuat Australia melalui kuartal pertama. PDB tumbuh 3,1% per tahun pada periode Januari-Maret, kenaikan tercepat dalam tiga tahun. Tren yang kuat dalam pengeluaran rumah tangga dan perumahan real estate menjaga perekonomian pada pijakan yang kokoh meskipun perlambatan luas dalam inflasi.

Kenaikan terbaru dalam kepercayaan konsumen sebagian mencerminkan keputusan Reserve Bank of Australia untuk menurunkan suku bunga pada bulan Mei. RBA menurunkan suku bunga pinjaman acuan baru ke semua-waktu rendah dari 1,75% pada hari anggaran sebagai pembuat kebijakan berusaha melakukan pendekatan yang agresif untuk memerangi tekanan deflasi.

Beberapa laporan ekonomi akan dirilis Kamis. The Australian Bureau Statistik akan merilis angka tenaga kerja resmi untuk Mei. Pengusaha diperkirakan telah menambahkan 15.000 pekerjaan bulan lalu. Namun, semua kenaikan yang diperkirakan terjadi dalam pekerjaan paruh waktu.

The Melbourne Institute juga akan merilis laporan bulanan pada ekspektasi inflasi konsumen, yang akan diawasi ketat oleh pasar keuangan.

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here