Rupiah Rabu Menerima Kekuatan Dari Sikap Federal Reserve Amerika

288

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Rabu (15/6), kurs rupiah yang dibuka lebih tinggi  dari perdagangan sebelumnya berhasil menguat terus hingga akhir perdagangan meskipun BI lemahkan kursnya seiring pergerakan dollar AS yang melemah jelang pengumuman suku bunga Fed malam nanti.

Kekuatan yang diterima rupiah hingga akhir perdagangan tidak sama dengan yang diterima bursa saham, pasalnya investor asing sepanjang hari banyak melakukan aksi jual hingga mencetak net sell   Rp218 miliar lebih. Aksi jual investor asing yang lebih banyak ini  membuat IHSG Rabu   lemah di posisi 4812 atau menurun 0,2 persen.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot sore ini bergerak postif dengan posisi penguatan 0,34% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13347/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13388/US$. Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu  diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah ke  13398 dari  posisi 13273 perdagangan hari Selasa (14/06), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13465 setelah perdagangan sebelumnya 13339.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari diperkirakan  dibuka positif oleh ekspektasi penguatan dollar AS   hingga akhir perdagangan malam nanti.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here