SRTG Bagi Dividen Pertama Kalinya, Namun Saham Tidak Laku

263

Setelah sejak pertama kali IPO, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk.(SRTG) tidak membagi dividen, akhirnya pada bulan Juli nanti perseroan akan membagi bonus bagi pemegang sahamnya. Dalam agenda RUPST hari Rabu (15/6) diputuskan perseroan akan membagi dividen sejumlah Rp86 miliar atau senilai Rp32 per lembar saham.

Dividen ini diambil dari keuntungan perseroan pada tahun buku 2015 yang mendapatkan laba bersih sebanyak Rp923 miliar. Tahun lalu SRTG belum membagi dividennya meski kinerja keuangan tahun 2014 meningkat 200 persen lebih.

Namun untuk pergerakan sahamnya, meskipun ada pemberitaan pembagian dividen masih belum memikat pasar untuk koleksi saham ini. Terpantau saham hanya laku 1 lot saham saja hingga perdagangan sore ini.

Menilik kabar dari lantai bursa perdagangan saham pada Rabu(16/06) saham SRTG masih berada di posisi 3150 sejak perdagangan sebelumnya. Dan sejak awal pekan belum ada saham yang dapat diperdagangkan.

Sebagai informasi untuk kinerja keuangan SRTG tahun 2015 lalu , perseroan berhasil mendapatkan peningkatan laba menjadi Rp923,4 miliar atau Rp340 per saham sedangkan tahun sebelumnya hanya Rp624,6 miliar atau Rp230 per saham.

SRTG berhasil cetak kenaikan laba padahal pendapatan netto perseroan sepanjang tahun lalu menurun dari Rp6,12 triliun tahun 2014 menjadi Rp4,28 triliun ditahun 2015 demikian juga dengan peningkatan beban yang ditanggung, pasalnya keuntungan SRTG mendapat sumbangan dari keuntungan efek dilusi investasi anak usahanya PT Merdeka Copper Gold Tbk yang masuk bursa tahun lalu.

 

Lens Hu/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here