Tingkat Pengangguran Inggris Jatuh Terendah Satu Dekade

683

Tingkat pengangguran di Inggris Raya jatuh pada bulan April ke level terendah dalam lebih dari satu dekade, sementara pertumbuhan upah dipercepat, tanda-tanda bahwa pasar tenaga kerja tetap sehat meskipun kekuatiran atas hasil referendum 23 Juni ini pada keanggotaan Inggris di Uni Eropa.

Kantor Statistik Nasional (ONS) Inggris mengatakan Rabu (15/06) tingkat pengangguran turun menjadi 5% dalam tiga bulan hingga April, turun dari 5,1% dalam tiga bulan sebelumnya dan 5,5% tahun sebelumnya. Tingkat pengangguran pada bulan April merupakan yang terendah sejak Oktober 2005, kata ONS.

united-kingdom-unemployment-rate (1)

Pertumbuhan upah meningkat, naik dalam tiga bulan hingga April menjadi 2,3%, tidak termasuk bonus, meskipun tingkat pertumbuhan lebih lemah dari itu tahun sebelumnya, sebesar 2,6%. Kenaikan itu didorong sebagian oleh kenaikan upah minimum pada bulan April, kata ONS.

Lihat : Pro Brexit Semakin Menguat, Bagaimana Keputusan The Fed AS?

Membaiknya pasar pekerjaan datang menyusul perdebatan apakah Inggris akan tetap menjadi anggota Uni Eropa menjelang referendum 23 Juni. Jajak pendapat menunjukkan opini publik dibagi pada masalah, meskipun survei terbaru telah memberikan kenaikan sedikit untuk mereka yang mendukung untuk keluar.

Data terakhir telah mengisyaratkan ekonomi telah kehilangan beberapa dukungan setelah rumah tangga dan bisnis menunggu hasil suara pekan depan. Data pasar tenaga kerja April menyarankan perekonomian tetap masih relatif sehat.

Bank of England telah mengatakan kemungkinan akan mempertahankan suku bunga ditahan sampai setelah pemungutan suara, sebagai hasil ketidakpastian yang mengaburkan prospek ekonomi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here