Akhir Bursa Hong Kong 16 Juni Tergerus 2 Persen dengan Kekuatiran Brexit

378

Pada penutupan perdagangan Kamis (16/06), indeks Hang Seng di Bursa Hongkong ditutup turun -429,10 poin, atau -2,10 persen, ke 20038.42. Pelemahan indeks Hang Seng tergerus kekuatiran kemungkinan Inggris akan keluar dari Uni Eropa seperti yang dinyatakan The Fed AS akan potensi Brexit dapat menekan ekonomi global.

Lihat : Awal Indeks Hang Seng 16 Juni Mengikuti Pelemahan Bursa Wall Street dan Tiongkok

Federal Reserve AS mempertahankan suku bunga tidak berubah pada hari Rabu dalam sebuah langkah yang diperkirakan secara luas, dengan Ketua Fed Janet Yellen mengakui kemungkinan Inggris keluar dari Uni Eropa sebagai salah satu faktor untuk keputusan terbaru.

Lihat : Yellen Tunda Naiknya Suku Bunga, Brexit Jadi Pertimbangan

Pada akhir perdagangan hari ini, hampir semua indeks utama turun, dengan sektor energi dan IT memimpin penurunan.

Indeks kelas berat Tencent Holdings Ltd turun 2 persen, dengan investor terkesan oleh berita bahwa jaringan sosial terbesar di Tiongkok dan perusahaan hiburan online membuat dorongan besar lain ke dalam industri game yang menguntungkan.

Tencent mendekati kesepakatan untuk membeli saham mayoritas di Finlandia pembuat game Supercell Oy, demikian pernyataan pihak yang akrab dengan masalah tersebut.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng turun -404 poin atau -1,99% pada  19,865.00, turun dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 20,269.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng berpotensi melemah terbatas dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok dan Brexit. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 19.381-18.892 dan kisaran Resistance 20.368-20.847.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here