Dollar AS Sesi Eropa 16 Juni Dibangkitkan Sentimen Brexit

400

Pergerakan nilai tukar dollar AS hingga perdagangan forex sesi Eropa hari keempat pekan ini (16/6) berbalik arah dari awal perdagangan yang sempat melempem. Pasar keuangan global bertambah panik melihat volatilitas yang terjadi pada pasar keuangan global bahkan kebijakan bank sentral dunia yang menahan perubahan suku bunganya.

Lihat: Gara-gara Brexit, Pasar Obligasi Global Jungkir Balik

Merespon kondisi diatas  portofolio investasi pelaku pasar keuangan  dialihkan kepada aset safe haven seperti komoditas emas, kurs Yen Jepang dan juga alternatif lainnya dollar AS. Dollar AS yang anjlok parah setelah Janet Yellen sebagai Presiden Federal Reserve Amerika Serikat umumkan tidak mengubah suku bunganya dan memangkas outlook pertumbuhan ekonomi negara tersebut, berhasil rebound kembali mengalahkan hampir semua rival utamanya kecuali terhadap yen Jepang.

Dengan kurs komoditas seperti aussie, dollar Canada dan kiwi dollar juga berhasil dikalahkan dikarenakan ketiga kurs tersebut mendapat pukulan kuat dari kembali terteaknnya harga minyak mentah hingga kini menyentuh kembali kisaran harga US$47 per barel.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan sesi Amerika sore  ini naik  kembali hingga  0,2 persen setelah dibuka pada posisi 94,59  dan bergulir pada posisi 94,77. Perdagangan sebelumnya indeks dollar AS anjlok   hingga  0,4 persen.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here