Harga Minyak Mentah Sesi Asia Turun 1 Persen Tertekan Kekuatiran Brexit

401

Harga minyak mentah turun di perdagangan Asia Kamis pagi (16/06), menuju hari keenam penurunan, menyusul penarikan yang lebih rendah dari yang diperkirakan pada persediaan AS dan di tengah kekhawatiran Inggris akan meninggalkan Uni Eropa.

Harga minyak mentah berjangka AS turun 39 sen, atau hampir 1 persen, di $ 47,62 per barel pada 0142 GMT.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent turun 34 sen, atau 0,7 persen, lebih rendah pada $ 48,63 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Jatuh 1 Persen Tergerus Kekuatiran Brexit

Harga minyak telah jatuh setiap hari setelah 8 Juni kehilangan sekitar 8 persen dari nilai mereka.

Pekan lalu, Brent berada di tertinggi tahun ini, menyentuh hampir $ 53 per barel, sementara minyak mentah AS dekat $ 52 setelah gangguan pasokan dari produsen termasuk Nigeria dan Kanada.

“Minyak sepertinya akan berjuang dalam menghadapi kekhawatiran bahwa rally baru-baru terlalu kuat dan terlalu cepat,” kata ANZ dalam sebuah catatan.

Persediaan minyak mentah AS jatuh minggu lalu, pemerintah AS mengatakan pada hari Rabu, tapi penurunan itu jauh lebih kecil daripada yang diantisipasi, sementara persediaan bensin menurun tajam.

Persediaan minyak mentah turun 933.000 barel dalam pekan yang lalu, Energy Information Administration (EIA) AS melaporkan, kurang dari setengah penurunan 2,3 juta barel yang diperkirakan oleh analis.

Federal Reserve AS mengisyaratkan pada Rabu bahwa ia masih berencana dua kenaikan suku AS tahun ini meskipun harapan pertumbuhan lebih lambat, juga memukul pasar minyak.

Lihat : The Fed Pertahankan Suku Bunga AS Tetap, Pangkas Proyeksi Pertumbuhan

Dengan seminggu waktu sebelum referendum apakah Inggris meninggalkan Uni Eropa atau tidak, pasar minyak dan pasar lain juga tetap mengikuti jajak pendapat, yang semakin menunjukkan suara meninggalkan berada dalam mayoritas. Brexit disebutkan akan menyebabkan resesi Eropa melebar dan menekan permintaan untuk minyak, banyak analis mengatakan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi bergerak turun dengan sentimen kekuatiran Brexit. Harga akan menembus kisaran Support $ 47,10- $ 46,60, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 48,10 – $ 48,60.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here