Harga Timah 16 Juni Turun Tertekan Kekuatiran Brexit

292

Harga timah di bursa Malaysia mengakhiri 4 hari perdagangan stagnannya, setelah turun pada perdagangan Kamis (16/06). Penurunan harga timah tertekan kekuatiran Brexit.

Pelemahan harga timah mengabaikan pelemahan dollar AS. Indeks Dollar AS berakhir turun 0,34 persen pada 94.59 terhadap sekeranjang mata uang utama dunia. Pelemahan dollar AS terjadi setelah The Fed AS mempertahankan suku bunga AS tetap semalam. Dan siang ini terpantau indeks dollar AS melanjutkan pelemahan -0,20 persen pada 94.40

Lihat : The Fed Pertahankan Suku Bunga AS Tetap, Pangkas Proyeksi Pertumbuhan

Pelemahan dollar AS biasanya membuat harga timah yang dijual dalam mata uang dollar AS menjadi lebih murah, sehingga permintaannya meningkat.

Namun harga timah melemah dengan kakuatiran Brexit, dimana dikuatirkan Inggris akan keluar dari Uni Eropa pada referendum 23 Juni mendatang di Inggris.

Kekuatiran Brexit menekan bursa Eropa dan bursa Tiongkok, sehingga menimbulkan kekuatiran penurunan permintaan dari konsumen komoditas di Eropa dan Tiongkok.

Lihat : Harga Timah 15 Juni Stabil Menantikan Keputusan Suku Bunga The Fed

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami pelemahan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 16.950 dollar per ton, turun sebesar 100 dollar dari penutupan sebelumnya pada 17.050.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat terbatas dengan potensi pelemahan dollar AS dengan keputusan suku bunga AS tidak berubah. Namun perlu diperhatikan perkembangan bursa global dan perkembangan ekonomi Tiongkok dan Brexit yang dapat mempengaruhi pergerakan harga timah. Harga akan menghadapi level Resistance di posisi 17.150 dollar dan 17.350 dollar. Akan tetapi jika terjadi penurunan, harga timah akan menghadapi level Support di 16.750 dollar dan 16.550 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here